Press "Enter" to skip to content

Lanal Babel Gelar Baksos Donor Darah

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pangkalan TNI AL Bangka Belitung menggelar Bakti Sosial berupa donor darah dalam rangka memperingati HUT TNI Ke-75, kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian yang dilaksanakan oleh satuan TNI di wilayah Provinsi Kepulauan Babel, bertempat di Balai Prajurit R.E. Martadinata Tanjung Gudang, Kecamatan Belinyu, Kabupaten Bangka, Selasa (22/9/2020).

Dalam sambutannya, Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Dudik Kuswoyo, S.E., M.Tr.Hanla., mengatakan bahwa kegiatan donor darah ini adalah bentuk misi kemanusiaan dari kita, dengan harapan dapat dirasakan oleh para pasien yang membutuhkan darah. Donor darah juga dapat memberikan apresiasi sekaligus penghargaan terhadap semangat, kesadaran, jiwa sosial kemanusiaan yang tinggi para prajurit Lanal Bangka Belitung melaksanakan kegiatan sosial donor darah sehingga dapat menjadi contoh ajakan bagi sesama untuk memikirkan dan memiliki rasa kepedulian terhadap sesama makhluk Tuhan.

“Sebagaimana ungkapan, setetes darah anda dapat menyelamatkan jiwa sesama dan merupakan suatu wujud kepedulian TNI sebagai implementasi dari para prajurit dan keluarganya dalam pelaksanaan 8 Wajib TNI yaitu mengatasi kesulitan rakyat khususnya bidang kesehatan,” ujarnya.

“Dengan donor darah, juga dapat memberikan banyak manfaat yang diperoleh oleh pendonor secara tidak langsung diantaranya terjadi regenarasi sel darah merah yang teratur dan lancar, meningkatkan nafsu makan, tidur menjadi lebih nyaman, mencegah terjadinya stroke, mendeteksi dini adanya penyakit infeksi virus dan penyakit lain, dengan berdonor darah kita dapat mengetahui golongan darah. Selain itu, kesehatan pendonor darah akan selalu terpantau karena sebelum melaksanakan donor terlebih dahulu dilakukan pemeriksaan kesehatan sederhana dan pemeriksaan uji saring darah terhadap infeksi yang dapat ditularkan melalui darah,” tuturnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Danlanal Babel, Bupati Kabupaten Bangka (diwakili Asisten III), Kapolsek Belinyu, Danramil Belinyu, Kacabjari Kabupaten Bangka, Kasatpol PP Kabupaten Bangka, Jalasenastri Cabang 4 Korcab III DJA 1, Persit Kartika Candra Kirana Koramil Belinyu, Bhayangkari Polsek Belinyu.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan