Press "Enter" to skip to content

Loloskan PPK Tak Penuhi Syarat, 6 Penyelenggara Pemilu Dapat Peringatan Keras

Social Media Share

JAKARTA, NP- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) menjatuhkan sanksi Peringatan Keras kepada enam penyelenggara Pemilu.

Sanksi tersebut dibacakan dalam sidang pembacaan putusan dugaan pelanggaran Kode Etik Penyelenggara Pemilu (KEPP) sebanyak lima perkara di Ruang Sidang DKPP, Jakarta, Jumat (23/6/2023).

“Menjatuhkan sanksi Peringatan Keras kepada Teradu Sebastianus Tebai selaku Ketua merangkap Anggota KPU Kabupaten Digiyai terhitung sejak putusan ini dibacakan,” kata Ketua Majelis I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi saat membacakan amar putusan perkara nomor 51-PKE-DKPP/III/2023.

Sebelum diputusakan, sidang pemeriksaan pertama perkara 51-PKE-DKPP/III/2023 digelar pada 14 April 2023. Perkara ini diadukan Yulianus Kegiye yang memberikan kuasa kepada Abdul Haris. Yulianus mengadukan Ketua KPU Kabupaten Dogiyai Sebastianus Tebai.

Sebastianus didalilkan tidak bisa menjaga integritas dan profesionalitasnya dalam melaksanakan rekrutmen Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) karena meloloskan peserta yang tidak memenuhi syarat sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan.

Sanksi serupa dijatuhkan kepada lima penyelenggara Pemilu dalam perkara nomor 46-PKE-DKPP/III/2023 dengan Teradu yaitu Ketua dan empat Anggota KIP Kabupaten Aceh Tenggara.

DKPP pun memerintahkan KPU untuk melaksanakan putusan ini paling lama tujuh hari sejak putusan ini dibacakan. DKPP juga memerintahkan Bawaslu untuk mengawasi pelaksanaan putusan ini.

Dalam sidang ini, DKPP membacakan putusan untuk lima perkara dengan dugaan KEPP yang melibatkan 21 Teradu. Sanksi yang dijatuhkan DKPP dalam sidang ini adalah Peringatan Keras (6) dan Peringatan (10).
Sementara itu, lima teradu lainnya mendapatkan Rehabilitasi atau dipulihkan nama baiknya karena tidak terbukti melanggar KEPP.

Sidang ini dipimpin oleh I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi sebagai Ketua Majelis. Ia didampingi oleh Ratna Dewi Pettalolo dan Muhammad Tio Aliansyah yang menjadi Anggota Majelis.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *