Press "Enter" to skip to content

Latihan Penanggulangan Covid-19 Kolinlamil Ditutup

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Koarmada Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. yang diwakili Kepala Staf Kolinlamil memberikan apresiasi terhadap kinerja prajurit yang terlibat dalam Latihan Penanggulangan Dampak Wabah Covid-19 di Kolinlamil. Apresiasi tersebut disampaikan Panglima saat kaji ulang dan briefing akhir sekaligus acara penutupan, yang dilaksanakan melalui video teleconference di Mako Kolinlamil, Senin (27/4).

Latihan ini merupakan uji doktrin operasi bantuan kemanusiaan dalam rangka operasi militer selain perang (OMSP) dengan melibatkan kesehatan gabungan TNI dan satuan samping BPBD dan KKP.

Oleh karena itu penyelenggaraan latihan ini untuk mengukur kesiapsiagaan, kemampuan serta kehandalan prajurit dan alutsista agar mencapai tingkat kesiapan operasional untuk penanganan dampak covid-19.

“Sehingga kegiatan penanganan dampak covid-19 akan lebih terencana, terpadu, komprehensif dan aplikatif, ” ujar Laksma TNI Dwika Tjahja Setiawan, S.H..

“Sehingga diharapkan dapat tercipta kesamaan persepsi dan pola tindak dalam menghadapi kemungkinan timbulnya perintah untuk melaksanakan operasi angkutan laut yang dapat diterapkan saat dibutuhkan dalam mendukung pemerintah menanggulangi Covid-19,” sambung alumni AAL tahun 1990 ini.

Latihan penangulangan dampak Covid-19 di Kolinlamil resmi ditutup, setelah sebelumnya Kamis (23/4) para peserta melaksanakan praktek lapangan, dengan skenario melakukan evakuasi prajurit yang terindikasi terkena virus covid-19 di KRI Banjarmasin dengan menggunakan crewboat.

Protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah, menjadi perhatian utama selama pelaksanaan latihan berlangsung guna mencegah penularan Covid-19, dengan penggunaan Alat Pelindung Diri bagi petugas kesehatan, penyemprotan disinfektan, pengecekan suhu dan phsycal standing.

Dalam acara tersebut, Kepala Staf Kolinlamil menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak-pihak yang membantu terselenggaranya latihan ini dari Paban III Sopsal, Kolatarmada I, Kepala BPBD Provinsi DKI Jakarta dan Kepala KKP Tanjung Priok. (Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan