Press "Enter" to skip to content

Bangun Kedekatan dan Sinergitas, Kepala Staf Kolinlamil Ikuti Coffee Morning

Social Media Share

JAKARTA, NP – Mewakili Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma, Kepala Staf Komando Lintas Laut Militer Laksma TNI Singgih Sugiarto mengikuti acara coffee morning bersama stakeholder dan soft launching buku Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” bertajuk “Menguak Kekayaan Bawah Laut Indonesia” yang berlangsung di Ruang Serbaguna Mas Pardi Pushidrosal, Ancol, Jakarta Utara, Selasa (21/6). Buku yang dilaunching tersebut merupakan hasil ekspedisi tim survei Pushidrosal pada bulan Agustus-Oktober 2021 di Perairan Halmahera dengan menggunakan KRI Spica-934 dengan melibatkan tim peneliti dari Kementerian dan Lembaga Pemerintah non-kementerian serta perguruan tinggi.

Wakil Komandan Pushidrosal Laksda TNI Budi Purwanto mengatakan bahwa dari hasil ekspedisi tersebut, dapat diketahui bahwa laut Indonesia khususnya perairan Halmahera memiliki kekayaan bawah laut yang sangat beragam. Dalam buku hasil Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” diungkapkan berbagai misteri bawah laut Indonesia yang berada di perairan Halmahera. Temuan-temuan tersebut hasil dari pemanfaatan teknologi multibeam echosounder yang membantu Pushidrosal memperoleh gambaran topografi dasar perairan.

Lebih lanjut Wadan Pushidrosal menambahkan bahwa temuan-temuan yang ditampilkan dalam buku hasil Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” merupakan hasil kerja sama antara peneliti Pushidrosal dengan tim peneliti dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) yang sekarang menjadi Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Papua dan Ternate, ITB, UGM, BPPT, BMKG, Fakultas Kelautan dan Perikanan IPB, PT Hidronav Teknikatama, serta PT Geotronix Pratama Indonesia. Tak lupa Wadan Pushidrol memberikan apresiasi atas dukungan dan kerja sama dari berbagai pihak sehingga Ekspedisi Jala Citra I “Aurora” dapat terlaksana dengan baik.

“Kegiatan ekspedisi ini juga akan terus kami lanjutkan, yang mana Ekspedisi Jala Citra II “Banda” tahun 2022 beberapa waktu yang lalu dilepas oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dari dermaga Mako Kolinlamil.” pungkas Wadan Pushidrosal. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *