Press "Enter" to skip to content

Wasrik Sektoral Sintel Kolinlamil Resmi Dibuka

Social Media Share

JAKARTA, NP -Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Sektoral Inspektorat Komando Lintas Laut Militer (Tim Wasrikral Itkolinlamil) di bawah pimpinan Pasbin Itkolinlamil Letkol Laut (S) Reckyanto, S.E. melaksanakan pembukaan Wasrikral di Staf Intelijen (Sintel) Kolinlamil di Gedung Laut Sulu, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (20/4). Turut mendampingi Tim Inspektorat Kolinlamil dalam pembukaan Asisten Intelijen Panglima Kolinlamil Kolonel Laut (E) Bambang Indro Suseno P, S.H.

Pada pembukaan Wasrikral tersebut, Irkolinlamil Kolonel Laut (S) Arief Muchtarom, S.E., M.Si (Han) dalam taklimat awalnya yang dibacakan oleh Pasbin Itkolinlamil, Letkol Laut (S) Reckyanto, S.E. mengatakan, Wasrikral ini akan dilaksanakan mulai tanggal 20 hingga 27 April 2020.
Dan ini merupakan program kerja Itkolinlamil tahun 2020 dengan sasaran pemeriksaan: program kerja Sintel Kolinlamil selama tahun 2019 yang meliputi bidang Operasi dan Latihan (Opslat), personel, keuangan material logistik, dan sektor khusus.

Lebih lanjut dikatakan, Itkolinlamil selaku pengemban fungsi manajemen kontrol pada organisasi Kolinlamil, diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan wasrik melalui proses audit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas dan fungsi organisasi Srena terkait dengan terlaksananya kegiatan sesuai dengan aspek efisiensi, efektivitas dan ekonomis (3E) serta ketaatan dan kepatuhan (2K) terhadap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Selain itu kegiatan pengawasan internal ini merupakan kegiatan yang mengandung unsur pembinaan kepada objek pemeriksaan guna pemahaman terhadap ketentuan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini sekaligus memberikan saran dan arahan terhadap permasalahan guna mencari solusi pemecahan masalah dalam upaya mewujudkan dan meningkatkan kinerja.

Pada akhir taklimatnya, Irkolinlamil mengharapkan pola keterbukaan dan komunikasi dialogis dengan azas edukatif dan kemitraan, sehingga dapat diperoleh informasi dan masukan yang obyektif secara timbal balik, yang pada akhirnya dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi peningkatan kinerja Sintel Kolinlamil dan TNI AL secara keseluruhan.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M. disela-sela waktunya mengatakan bahwa Tim Wasrik Inspektorat Kolinlamil bekerja melaksanakan pemeriksaan untuk menghasilkan temuan yang bermanfaat untuk perbaikan satker-satker di Kolinlamil dalam semua bidang. Oleh karena itu agar diperoleh hasil yang baik, agar terjadi kerjasama yang baik antara Tim Wasrik Itkolinlamil dengan Satker Jajaran Kolinlamil selaku obyek Wasrik.

Temuan Wasrik yang telah
disampaikan akan dijadikan perhatian bagi Satker tersebut untuk melaksanakan perbaikan dan peningkatan kinerja sesuai dengan arah kebijakan pemimpin guna terwujudnya Clean Government dan Good Governance khususnya di Jajaran Kolinlamil. (Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan