Press "Enter" to skip to content

KRI Teluk Calang-524 Siap Perkuat Alutsista Kolinlamil

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Komando Lintas Laut Militer siap mengoperasikan alutsista terbarunya yaitu KRI Teluk Calang-524 yang baru saja diresmikan oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam suatu upacara militer di dermaga Jakarta International Container Terminal (JICT) 2 Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (8/8). Kapal jenis angkut tank ketujuh ini diproduksi oleh industri pertahanan dalam negeri, yakni PT Daya Radar Utama, Lampung.

Kasal menyampaikankan, pembangunan kapal jenis pendarat tank ini mengandung makna penting, yakni sebagai bagian dari perencanaan pembangunan kekuatan TNI Angkatan Laut sekaligus realisasi dari modernisasi dan pemenuhan kebutuhan alat utama sistem persenjataan (alutsista). “Pembangunan kapal di galangan dalam negeri adalah wujud dari komitmen Pimpinan TNI AL untuk mendukung dan menyukseskan program Pemerintah yaitu peningkatan penggunaan produksi dalam negeri serta kemandirian industri pertahanan dalam negeri.” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut, Kasal juga menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi secara langsung dan tidak langsung dalam pembangunan KRI Teluk Calang-542. Dalam peresmian KRI Calang-524 masuk dalam jajaran TNI AL, dikukuhkan pula Letnan Kolonel Laut (P) Bagus Waluya sebagai komandan pertama KRI Teluk Calang-542.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi yang turut hadir dalam rangkaian acara peresmian KRI Teluk Calang-524 menyampaikan bahwa nantinya KRI TCL-524 akan memperkuat Satuan Lintas Laut Militer 1 di bawah Komando Lintas Laut Militer yang bermarkas di Jakarta. Teluk Calang sendiri diambil dari nama sebuah teluk di Aceh Jaya, Nanggroe Aceh Darussalam. KRI Teluk Calang-542 mempunyai spesifikasi dengan panjang 120 meter, lebar 18-meter, draft 3-meter (full load) dengan bobot 4.508 ton. Kapal tersebut memiliki kecepatan maksimum 16 knot, kecepatan jelajah 14,8 knot, dan kecepatan ekonomis 13,6 knot. Kapal ini bisa menampung 361 prajurit, 120 personel anak buah kapal dan 6 kru helikopter. (Dispen Kolinlamil).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *