Press "Enter" to skip to content

Wadan Seskoal Tutup Latrenstra Hanneg TNI AL, Latih Pasis Proses Perencanaan Strategis

Social Media Share

JAKARTA, NP – Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo menutup Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI Angkatan Laut (Latrenstra Hanneg U.O TNI AL) Perwira Siswa Pendidikan Reguler (Pasis Dikreg) Seskoal Angkatan ke-60 dan Pasis Kursus Manajemen Strategik (Susjemenstra) TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-17 di Amphiteater Gedung Samadikun Seskoal, Cipulir, Jakarta Selatan, Jumat (15/7).

Dalam sambutan Danseskoal Laksamana Muda TNI Tunggul Suropati, S.E., M.Tr (Han)., yang dibacakan Wadan Seskoal mengatakan, Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI Angkatan Laut, yang dilaksanakan selama kurun waktu Lima hari, dari tanggal 11 sampai dengan 15 Juli 2022 ini, merupakan bagian penting dari proses perencanaan pembangunan, dimana para Pasis Seskoal peserta Latrenstra Hanneg U.O, dikenalkan dan dilatihkan proses perencanaan strategis jangka menengah Lima tahunan dan Tahunan pada tingkat Unit Organisasi Mabesal, Kotama dan Satker.

Selanjutnya dikatakan, dari Latrenstra ini dapat diambil pelajaran bahwa perencanaan pembangunan pertahanan negara merupakan proses pencapaian sasaran pengembangan kemampuan dan pembangunan kekuatan pertahanan negara yang disusun dengan berpedoman kepada proses perencanaan pembangunan nasional secara keseluruhan. Hal tersebut, dimaksudkan agar dapat terjalin sinkronisasi antara kegiatan perencanaan yang dilaksanakan antara level bawah dengan level atas, terutama yang berhubungan dengan ketersediaan Sumber Daya Nasional dan Dukungan Kemampuan Anggaran Negara dalam rangka pencapaian sasaran pembangunan pertahanan negara secara khusus matra laut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Departemen Manajemen (Kadepjemen) Seskoal Kolonel Laut (E) Hari Sulistyo, T.T., M.M., CIQnR. selaku penanggung jawab sekaligus Direktur Latihan (Dirlat) kegiatan Latrenstra Hanneg UO TNI Angkatan Laut Perwira Siswa Seskoal mengatakan bahwa harapan lembaga Seskoal kepada para Perwira Siswa Seskoal usai mengikuti Latrenstra ini, agar mengerti dan mampu memahami rangkaian proses perencanaan strategis pertahanan negara serta menjadikannya sebagai wahana untuk melatih dan berinteraksi guna mewujudkan kerja sama yang baik dalam penugasan nantinya, baik menjadi Staf Perencana pada tingkat Mabesal, Kotama dan Satker, maupun Staf Perencana di luar kedinasan TNI Angkatan Laut.

Selanjutnya, pernyataan resmi penutupan latihan oleh Wadan Seskoal mewakili Komandan Seskoal, “Dengan mengucap Puji Syukur Kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, pada hari ini, Jumat, tanggal 15 Juli 2022, Pukul 16.17 WIB., Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Unit Organisasi TNI Angkatan Laut bagi Pasis Dikreg Seskoal Angkatan Ke-60 dan Pasis Susjemenstra TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-17 Tahun 2022, dengan resmi saya nyatakan ditutup”.

Turut hadir pada acara tersebut, Wadan Seskoal Laksamana Pertama TNI Ariantyo Condrowibowo, Kepala Pusat Pengkajian Maritim (Kapusjianmar) Seskoal Laksamana Pertama TNI Didong Rio Duto Purwoko Kuntjoro, S.T., M.A.P., M.Tr.( Han), Para Pejabat Utama Seskoal, para Kadep, Dosen dan Pasis Dikreg Sesko Angkatan Ke-60 dan Pasis Susjemenstra TNI Angkatan Laut Angkatan Ke-17 TA. 2022. Dalam pelaksanaan kegiatan penutupan Latrenstra Hanneg UO TNI Angkatan Laut ini, tidak lupa dengan tetap memperhatikan Protokol Kesehatan (Prokes) dengan mematuhi 5 M, yaitu Mencuci tangan dengan sabun, Menggunakan masker, Menjaga jarak 1 meter, Menjauhi kerumunan dan Mengurangi mobilitas sehingga tetap sehat dan terhindar dari virus Covid-19.

Kegiatan Penutupan Latrenstra ini, selaras dengan Perintah Harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul, profesional dan tangguh serta upaya kita semua dalam menghadapi era keterbukaan informasi dan revolusi industri 4.0.(Seskoal)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *