Press "Enter" to skip to content

Kasal Resmikan Gedung Mako Lanal Lampung Caligi

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono di dampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono meresmikan secara langsung Gedung Markas Komando (Mako) Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Lampung Caligi, bertempat di Jalan Raya Teluk Ratai, Desa Batu Menyan Kecamatan Teluk Pandan Kabupaten Pesawaran, Selasa (8/3).

Gedung Mako Lanal Lampung Caligi yang selesai pengerjaannya pada 15 Desember 2021 ini memiliki fungsi sebagai pendukung satuan operasi seperti KRI dan Pesawat Udara TNI yang dilengkapi dengan fasilitas 5R yaitu Refuel (Pengisian BBM), Replanishment (Penambahan Perlengkapan), Repair (Reparasi Perbaikan), Rest (Istirahat), dan Recreation (Hiburan). Gedung Mako Lanal Lampung tersebut berdiri diatas lahan seluas 192 hektar dengan luas bangunan 990 meter², serta memiliki dua lantai.

Kasal menyampaikan bahwa Pangkalan yang merupakan organisasi permanen dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia, selain mengemban tugas-tugas yang telah ditetapkan, juga sekaligus menjadi representasi dan etalase TNI Angkatan Laut di daerah. Oleh karena itu, tampilan Pangkalan yang salah satunya dalam wujud tampilan gedung perkantoran harus mencerminkan kebanggan, kewibawaan, kehormatan dan profesionalsime TNI Angkatan Laut secara umum.

“Markas Komando Pangkalan idealnya berada tidak jauh dari fasilitas Pangkalan yang dimiliki, khususnya fasilitas labuh, sehingga tugas pokok sebagai Komando Pelaksana Dukungan dapat dilaksanakan secara optimal,” tegas Laksamana Yudo.

Atas dasar itulah Kasal membangun dan memindahkan , Markas Komando Lanal Lampung ke Caligi, dengan bangunan perkantoran yang memadai dan representatif, sehingga dapat meningkatkan kenyamanan, semangat kerja dan kebanggaan pengawak Lanal Lampung serta dapat meningkatkan kinerja organisasi dalam memberikan pelayanan Pangkalan secara maksimal.

Sementara itu, Komandan Lanal Lampung Kolonel Laut (P) Nuryadi menyampaikan bahwa, Lanal Lampung adalah Pangkalan TNI AL di bawah Komando Pembinaan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut III, Jakarta. Tugas Pokok dan Fungsi Lanal Lampung memberikan dukungan Administrasi dan Logistik bagi unsur-unsur KRI maupun Pesawat Udara TNI AL sorta Pasukan Marinir yang singgah dalam rangka melaksanakan tugas operasi maupun latihan diwilayah kerja Lanal Lampung. Lanal Lampung memiliki 3 Gedung Kantor yakni Gedung Lanal Lampung Panjang sebagai kantor Administrasi Forkopimda, Gedung Lanal Lampung Piabung sebagai Kantor Potmar Lanal Lampung dan Gedung Lanal Lampung Caligi sebagai Mako Lanal Lampung.

Selain meresmikan gedung Mako Lanal lampung Kasal juga mengunjungi Brigif 4 Mar/BS yang di Komandani Kolonel Mar Harry Indarto dengan kegiatan peninjauan UMKM Jalasenastri, peninjauan atraksi ketangkasan Prajurit Brigit 4 Mar/BS, peninjauan rumah dinas Brigil 4 Mar/BS melaksanakan penanaman padi di Yonif 9 Marinir.

Dalam peresmian tersebut dihadiri para Pejabat Utama Mabesal, Dankormar Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto, Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, Pangkolinlamil Laksda TNI Erwin S. Aldedharma, para Kadis terkait, para Forkopimda Provinsi Lampung, serta undangan lainnya.

Sebelum meninggalkan mako Lanal Lampung, Kasal berkesempatan melaksanakan tatap muka dengan seluruh personel Lanal. Kegiatan ini berlangsung dengan penuh keakraban dan canda tawa. Laksamana Yudo dikenal sangat dekat dengan para prajuritnya. Dalam kesempatan tersebut Kasal berpesan agar personel Lanal terus mengembangkan dirinya melalui pendidikan dan kegiatan positif lainnya. Kasal juga berjanji berusaha memenuhi sarana prasarana penunjang kegiatan Lanal Lampung seperti penambahan kendaraan pengawal bagi Satprov Lanal Lampung.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *