Press "Enter" to skip to content

Duel Latihan Air Combat Tactic Pesawat F-16 TNI AU vs USAF Diatas Riau

Social Media Share

PEKANBARU, NP – Sebanyak 12 pesawat tempur F-16 milik TNI Angkatan Udara dan _United States Air Force_ (USAF) melaksanakan latihan _Air Combat Tactic_ (ACT) di wilayah udara bagian Barat pulau Sumatra, Senin (19/6/2023).

ACT merupakan latihan pertempuran udara jarak dekat ( _dogfight_ ) yang melibatkan lebih dari dua pesawat, yang kali ini diskenariokan empat pesawat melawan sejumlah pesawat atau banyak pesawat (4VX). Empat pesawat merupakan _Blue Force_ yang melaksanakan patroli udara dalam rangka mengamankan area/wilayah ataupun asset dari serangan udara maupun ancaman pihak musuh.

Keempat pesawat terdiri dari _flight leader, wingman 1, wingman 2, dan elemen leader_. Keempat pesawat terlibat pertempuran udara jarak dekat dengan empat pesawat musuh, yang diskenariokan akan menghancurkan _blue force_ dan sasaran area yang diamankan.Kedua angkatan udara saling bergantian memainkan peran dalam skenario yang diperankan, baik sebagai _blue force_ ataupun pesawat penyerang, termasuk menempati posisi _leader, elemen leader_ atau _wingman_, saat _dogfight_ berlangsung.

Para penerbang kedua angkatan udara saling beradu taktik, sekaligus berbagi ilmu dan pengalaman dalam melaksanakan _Air Combat Tactic_. Hasil pelaksanaan ACT dibahas pada saat _debrief_ setelah latihan selesai dilaksanakan.

Melalui _debrief_ tersebut, para penerbang kedua pihak dapat mengetahui hasil pelaksanaan latihan, sekaligus saling berbagi pengetahuan tentang taktik dan strategi _dogfight_ yang dilakukan saat _Air Combat Tactic_.

Latma Cope West 2023 yang akan berlangsung hingga 23 Juni 2023 mendatang, merupakan ajang berlatih para penerbang F-16 kedua Angkatan Udara. Latihan rutin TNI AU dan USAF yang telah berlangsung selama 10 kali tersebut, bertujuan meningkatkan profesionalitas personel Angkatan Udara kedua negara. Selain itu, latihan ini merupakan implementasi atas hubungan bilateral yang telah lama terjalin baik di antara angkatan bersenjata, khususnya angkatan udara kedua negara.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *