Press "Enter" to skip to content

Latihan PBB, Momentum Prajurit Satlinlamil 2 Mengingat Materi Pokok Saat Dasmil 

Social Media Share

JAKARTA, NP – Bagi seorang prajurit, peraturan baris-berbaris merupakan salah satu dasar kemiliteran yang harus dikuasai sejak dibentuk menjadi prajurit militer saat pendidikan dasar militer sampai dengan berdinas aktif. Pada dasarnya baris berbaris merupakan kegiatan yang mencerminkan kedisiplinan, kebersamaan, kekompakan dan semangat pantang menyerah. Baris-berbaris dengan berbagai aturan di dalamnya mengandung filosofi bahwa setiap prajurit selalu terikat dengan berbagai aturan kedinasan selama prajurit tersebut berdinas aktif hingga berakhirnya masa tugasnya.

Satuan Lintas Laut Militer 2 menggelar latihan peraturan baris-berbaris (PBB) dan defile bagi seluruh prajurit dan PNS. Beragam latihan dan aba-aba baris-berbaris seperti saat pertama kali menjadi prajurit TNI AL pun ditampilkan dalam pelaksanaan kegiatan yang digelar usai apel gabungan Satlinlamil 2 yang berlangsung di Mako Satlinlamil 2, Surabaya, Senin (24/1).

Latihan PBB yang diikuti oleh prajurit dan PNS Satlinlamil 2 ini meliputi gerakan di tempat dan gerakan berpindah, Perwira Seksi Operasi (Pasops) Satlinlamil 2 Mayor Laut (P) Ardian Widjanarko memimpin langsung kegiatan tersebut.

Komandan Satlinlamil 2, Kolonel Laut (P) Muhammad Nizarudin menjelaskan latihan PBB ini sangat efektif untuk me-refresh materi latihan peraturan baris-berbaris bagi seorang prajurit seperti saat pertama kali memasuki pendidikan militer. Baris-berbaris yang sudah menjadi makanan sehari-hari prajurit, tetap harus dilatihkan untuk melatih sikap dan disiplin seorang prajurit.

“Dari kegiatan ini, bisa dilihat sikap disiplin, kebersamaan, loyalitas serta militansi seorang prajurit dalam kehidupan sehari-hari. Setelah latihan ini saya harapkan para prajurit memiliki kedisiplinan dan jiwa korsa yang kuat guna mewujudkan kesiapan prajurit dalam mendukung tugas-tugas Satlinlamil 2 sesuai tugas pokok dan fungsinya.” tandas Komandan Satlinlamil 2. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan