Press "Enter" to skip to content

Evaluasi Audit Kinerja Kolinlamil 2019 Ditutup

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pelaksanaaan audit kinerja Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) 2019 dinyatakan selesai. Hal ini ditandai dengan taklimat akhir oleh Inspektur Jenderal TNI AL Laksda TNI Suselo melalui video teleconference kepada Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., dalam acara penutupan secara virtual dari Mabes TNI AL dan Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (13/5). Pelaksanaan kegiatan audit kinerja ini telah berlangsung selama 10 hari sejak tanggal 29 April dan Rabu ini dilaksanakan penutupan.

Tim audit kinerja Itjenal dipimpin Irops Itjenal Laksma TNI Aswoto Saranang sebagai Pengendali, didampingi ketua tim Kolonel Laut (T) Toto Dwijaya Saputra, sekretaris tim Letkol Laut (E) Bambang Sugiarto dan perwira pemeriksa (Parik) lainnya.

Dalam sambutannya, Panglima Kolinlamil menegaskan bahwa audit kinerja dirasakan besar perannya dalam upaya menjamin produktivitas, efisiensi dan efektivitas pengelolaan sumber daya manusia dalam rangka pencapaian tugas pokok organisasi. Peran tersebut diperlukan dalam rangka menjawab tuntutan perkembangan lingkungan yang mendorong semakin pentingnya penerapan sistem manajemen modern di seluruh aspek pembinaan.

Untuk menjamin tercapainya tugas pokok organisasi secara optimal dihadapkan keterbatasan sumber daya, sangat dibutuhkan adanya proses perencanaan secara cermat dan akurat disertai supervisi yang menyentuh seluruh aspek kegiatan dalam organisasi. “Ini berarti menempatkan fungsi dan peran audit kinerja menjadi semakin penting guna mewujudkan terselenggaranya pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang benar sampai satuan-satuan tingkat bawah,” tegas Panglima Kolinlamil.

Menurut Panglima Kolinlamil bahwa Tim Audit Kinerja Itjenal sebagai mitra kerja yang dapat meningkatkan kemitraan antara pelaksana kegiatan sebagai obyek, dan tim audit sebagai supervisi kegiatan. Kondisi tersebut dapat meningkatkan hubungan yang harmonis secara timbal balik yang pada gilirannya dapat mewujudkan komunikasi yang lebih transparan.

Dikatakan bahwa Kolinlamil menempatkan temuan-temuan Tim Audit Kinerja Itjenal sebagai landasan mawas diri dalam upaya lebih meningkatkan langkah-langkah nyata, untuk mempertahankan dan meningkatkan kondisi yang sudah baik, dan memperbaiki segala kekurangan atau kelemahan yang ada pada masa-masa mendatang.

Sementara itu, Irjenal dalam Taklimat akhirnya menyampaikan terima kasih atas adanya komunikasi, kesungguhan dan keterbukaan dari seluruh pejabat dan anggota di lingkungan Kolinlamil. Dengan telah diserahterimakannya hasil audit kinerja Itjenal kepada Pangkolinlamil, secara umum hasil temuan tim audit kinerja Itjenal telah dapat diterima. Beberapa saran yang diberikan tim audit kinerja merupakan masukan yang bermanfaat untuk ditindak lanjuti, karena hal tersebut penting dalam mekanisme pengawasan maupun bagi peningkatan kinerja organisasi ke arah yang lebih baik..

Irjenal juga menambahkan bahwa audit kinerja Itjenal tidak ditujukan untuk mencari kesalahan atau penyimpangan tetapi untuk memberikan saran dan masukan sebagai dasar perbaikan dan penyempurnaan sehingga diharapkan dapat mencapai hasil dan tujuan yang optimal.

Turut hadir dalam penutupan secara virtual tersebut para Asisten, Komandan Satlinlamil Jakarta dan Kadis/Kasatker.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan