Press "Enter" to skip to content

Di Doha, Nono Sampono Bahas Peningkatan Kerjasama Antar Parlemen

Social Media Share

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono bersama parlemen Qatar. (Foto: DPD RI)

DOHA, NP- Sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia, Indonesia dan Qatar memiliki banyak kesamaan dalam hal budaya, nilai-nilai agama, dan tujuan bersama untuk memajukan kehidupan masyarakat.

Menurut Wakil Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI Nono Sampono, kerjasama antar parlemen adalah fondasi yang kuat untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kemitraan strategis antara kedua negara.

“Kami percaya bahwa kerjasama antar parlemen adalah fondasi yang kuat untuk memperkuat hubungan bilateral dan memperluas kemitraan strategis antara kedua negara kita. Melalui pertukaran pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik dalam hal legislasi, pengawasan, dan tugas-tugas parlemen lainnya, kita dapat membangun sinergi yang lebih kuat dan meningkatkan efektivitas kerja kedua lembaga legislatif,” ujar Nono Sampono dalam rilis yang diterima, Selasa (30/5/2023).

Sebelumnya, Nono Sampono juga bertemu dengan Gubernur Bank Sentral Qatar, HE Sheikh Bandar bin Mohammed bin Saoud Al-Thani.

Nono menambahkan, dalam era globalisasi dan tantangan kompleks yang dihadapi oleh masyarakat internasional, penting bagi parlemen untuk saling mendukung dalam mengatasi isu-isu global yang mempengaruhi kedua negara. “Kami berharap dapat meningkatkan kerjasama dalam bidang perdamaian, keamanan, penyelesaian konflik, perlindungan hak asasi manusia, dan masalah-masalah regional dan internasional lainnya,” ujar Nono Sampono.

Selain itu, sebagai negara yang peduli terhadap isu-isu regional dan internasional, Nono juga berharap dapat meningkatkan kerjasama dalam diplomasi parlemen. Dalam menghadapi tantangan global seperti perdamaian dan keamanan, perubahan iklim, dan penyelesaian konflik, kerjasama dan koordinasi antara parlemen kita akan menjadi faktor penting dalam mencapai solusi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi kedua negara.

“Saya yakin bahwa pertemuan ini akan menjadi langkah penting menuju peningkatan hubungan kerjasama antara Indonesia dan Qatar dalam konteks kerjasama parlemen. Saya berharap bahwa kunjungan ini akan menjadi titik awal untuk memperkuat sinergi, memperdalam pemahaman kita tentang budaya, nilai-nilai, dan kebijakan masing-masing negara, serta membuka jalan bagi kerjasama yang lebih erat di masa depan,” pungkas Nono Sampono.

Turut mendampingi Wakil Ketua DPD RI Nono Sampono dalam pertemuan tersebut adalah Duta Besar RI untuk Qatar YM. Ridwan Hasan dan Staf Ahli Kemenko Perekonomian Bidang Konektivitas, Pengembangan Jasa dan Sumber Daya Alam Dida Gardera.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *