Press "Enter" to skip to content

Status Pandemi Covid-19 Resmi Dicabut, Ketua MPR Imbau Semua Tetap Waspada

Social Media Share

JAKARTA, NP- Indonesia mulai memasuki masa endemi pasca Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengumumkan secara resmi pencabutan status pandemi Covid-19.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendukung keputusan pencabutan status kedaruratan pandemi Covid-19 di tanah air, karena diambil berdasarkan pertimbangan angka kasus konfirmasi penyebaran virus corona yang mendekati angka nihil.

“Meminta pemerintah untuk tetap waspada dengan tetap memantau persebaran atau kasus aktif Covid-19, disamping terus memberikan imbauan kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dan terus menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat,” ucap Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (22/6/2023).

Bamsoet juga meminta pemerintah agar secara bertahap dalam memberlakukan kebijakan/aturan terbaru di masa endemi ini, salah satunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 khususnya penggunaan masker dan wajib vaksinasi Covid-19 di area publik atau transportasi umum.

“Hal ini guna menjaga situasi terkendali ditengah masa peralihan pandemi ke fase endemi Covid-19,” imbuhnya.

Kepada masyarakat, juga diminta tidak euforia dengan keputusan pencabutan status kedaruratan pandemi Covid-19, mengingat kasus dan penularan Covid-19 masih tetap ada.

“Disamping meminta masyarakat agar meningkatkan kesadaran diri untuk tetap bermasker di ruang publik apabila dalam keadaan sakit atau khawatir menularkan penyakit. Sehingga dengan kerjasama yang baik antar pemerintah dan masyarakat, diharapkan kasus Covid-19 di tanah air mencapai zero case atau nihil kasus,” tegas Bamsoet. (dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *