Press "Enter" to skip to content

Pasis Sesko TNI AL Dukung Kekuatan Pertahanan Negara di Laut

Social Media Share

JAKARTA, NP – Wakil Komandan (Wadan) Seskoal Laksamana Pertama TNI, Fauzi, S.E., M.M., M. Han yang mewakili Komandan Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Danseskoal) Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi, M.Tr. (Han)., M.Tr. Opsla., CHRMP, bersama Pejabat Utama, Patun dan Dosen Seskoal hadir dalam kegiatan Diskusi Panel Bidang Manajemen, dalam Diskusi Panel Bidang Manajemen Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Seskoal yang mengangkat tema “Mewujudkan Kemandirian Industri Strategis Nasional Guna Mendukung Kekuatan Pertahanan Negara Di Laut”. Pelaksanaan Diskusi ini dilaksanakan di Amphiteater gedung Samadikun Seskoal, pada hari Senin (12/06/23).

Danseskoal dalam amanatnya yang dibacakan oleh Wadan menyampaikan bahwa, diskusi panel ini merupakan salah satu kegiatan dalam kalender pendidikan. Dari tema tersebut, secara eksplisit dapat kita pahami bahwa, diskusi ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan pemahaman kepada Pasis agar lebih mendalami dan menguasai materi bidang studi manajemen yang telah diajarkan, sehingga mampu menganalisa dan merumuskan manajemen industri strategi nasional guna mendukung kekuatan pertahanan negara di laut.

Guna memperdalam materi yang dibahas, kegiatan ini menghadirkan dua panelis yang berkompeten dibidangnya. Yaitu Asisten Deputi Bidang Industri Manufaktur Kementerian BUMN, Ibu Liliek Mayasari yang membawakan materi tentang “Mewujudkan Kemandirian Industri Strategis Nasional Guna Mendukung Kekuatan Pertahanan di Laut”. Pada kesempatan ini, panelis menjelaskan tentang manfaat pembentukan holding BUMN industri pertahanan, yang diharapkan mampu memberikan manfaat signifikan bagi negara dan pemangku kepentingan lainnya. Disampaikan juga bahwa peningkatan pemasukan negara (dividen dan pajak) Negara/Pemerintah diharapkan mampu mendorong percepatan kemandirian teknologi dan kedaulatan negara melalui proses kontrol dan pengawasan yang lebih efektif.

Sedangkan Panelis ke dua yaitu Paban III Tahwilmar Spotmaral Mabesal yang dijabat oleh Kolonel Marinir Rommy Hutagaol, M. Han., M.Tr.Opsla. menyampaikan materi tentang dukungan industri strategis nasional dalam rangka meningkatkan kesiapan alutsista TNI AL. Dalam paparannya, panelis kedua ini menjelaskan tentang industri strategis nasional, metode pembinaan, tugas satkowil TNI AL dan dukungan industri strategis. Semua itu diarahkan untuk penyiapan ruang juang melalui pendataan, pengelolaan dan penyiapan SDA/SDAB sebagai sarana prasarana dan logistik wilayah untuk kepentingan pertahanan aspek laut.

Diakhir amanatnya, Danseskoal menyampaikan terimakasih kepada para panelis beserta seluruh staf Seskoal, atas waktu dan kesediaannya untuk bisa hadir serta memberikan sumbangan pemikiran yang konstruktif dalam diskusi ini. Tak lupa juga, Komandan memberikan beberapa penekanan untuk dijadikan pedoman dalam melaksanakan diskusi, agar pasis menggunakan diskusi ini sebagai forum diskusi akademik secara bebas, namun tetap memperhatikan kaidah-kaidah ilmiah serta etika untuk menggali dan mengembangkan kajian-kajian strategis. Dan juga agar melaksanakan diskusi dengan serius, sehingga setiap pendapat yang dikemukakan harus didukung dengan argumentasi dan referensi yang kuat serta bersifat realistis, aplikatif dan dapat dipertanggungjawabkan. Dan juga dapat mengembangkan kreativitas serta inovasi untuk menghasilkan terobosan-terobosan baru terkait peningkatan sumber daya nasional yang kita miliki.(Seskoal)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *