Press "Enter" to skip to content

Krisis Air Bersih di Musim Kemarau Panjang, Pemda Harus Koordinasi dengan Pusat

Social Media Share

JAKARTA, NP- Musim kemarau panjang telah mengakibatkan terjadinya krisis air bersih di sejumlah daerah.

Mesrespon persoalan itu, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta pemerintah daerah mengkoordinasikan ke pemerintah pusat terkait kebutuhan air bersih di tiap daerah.

“Meminta agar pemerintah pusat segera mendistribusikan air bersih ke daerah yang saat ini sedang mengalami krisis air bersih,” ujar Bamsoet dalam keterangannya, Kamis (24/8/2023).

Ia juga meminta pemerintah pusat dan pemerintah daerah berupaya mencegah meluasnya krisis air bersih, dan melakukan sejumlah strategi untuk mengatasi terjadinya krisis air bersih, seperti kerjasama dengan Perusahaan Daerah Air Bersih hingga irigasi bergilir untuk sektor pertanian.

“Pemerintah daerah harus segera membantu masyarakat untuk pengadaan pipa penyaluran air, sehingga masyarakat di daerah yang mengalami krisis air bersih bisa menikmati air bersih dan terhindar dari berbagai penyakit, seperti penyakit gatal-gatal,” ujarnya.

Bamsoet juga meminta pemerintah menyusun strategi jangka panjang, utamanya ketika musim kemarau tiba tiap tahunnya, untuk mencegah terjadinya krisis air bersih, termasuk di wilayah terdepan, terluar, dan tertinggal/3T, mengingat mendapatkan air bersih merupakan hak bagi tiap warga negara.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *