Press "Enter" to skip to content

Ringankan Beban Terdampak Covid-19, Kemenristek/BRIN Bagikan Seribu Paket Sembako

Social Media Share

Foto: Menteri Bambang secara simbolis memberikan paket sembako kepada pengemudi ojol. (ist)

JAKARTA, NP – Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional (Kemenristek/BRIN) dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian (LPNK) di lingkungan Kemenristek/BRIN menggalang dana untuk membantu meringankan beban ekonomi masyarakat sekitar yang terdampak Covid- 19.

Dana bantuan diberikan dalam bentuk paket sembako berisi beras, minyak, mie instan, gula, gudeg kaleng, empal kaleng, kecap, sambal, dan hand sanitizer.

“Sebagai bentuk kepedulian Kemenristek/BRIN kepada mereka yang sehari-hari membantu Kemenristek/BRIN dengan menyediakan jasa ojek untuk pegawai, jasa makanan untuk makan siang pegawai, jasa kebersihan kantor, dan keamanan kantor, Kemenristek/BRIN telah mengumpulkan donasi untuk membantu Saudara kita yang terkena dampak dari COVID-19,” ungkap Menteri Bambang PS Brodjonegoro dalam keterangan tertulis saat pemberian sembako secara simbolis kepada perwakilan masyarakat di Lobi Eksekutif Gedung Baharuddin Jusuf Habibie, Jakarta Pusat pada Jumat (17/4).

Foto: Donasi seribu paket sembako diberikan kepada masyarakat di sekitar kantor Kemenristek/BRIN dan LPNK. (ist)

Donasi yang dijadikan seribu paket sembako ini diberikan kepada masyarakat di sekitar kantor Kemenristek/BRIN dan LPNK yang pendapatannya berkurang selama diberlakukannya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), seperti pengemudi kendaraan kantor, office boy, satuan pengamanan, pedagang kantin, dan pengemudi ojek.

Donasi sembako ini dikumpulkan sejak 1 April hingga 15 April 2020 dari para pimpinan dan pegawai Kemenristek/BRIN dan LPNK, yaitu Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN), Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN), Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT), Badan Standardisasi Nasional (BSN), Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (LAPAN), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) serta Lembaga Biologi Molekuler (LBM) Eijkman dan Pusat Peragaan IPTEK (PP IPTEK).

Dalam paket sembako ini turut diberikan hasil #INOVASIINDONESIA dari LPNK, antara lain hand sanitizer dari BPPT dan LIPI, serta gudeg dan empal tahan lama dalam kemasan kaleng dari riset LIPI yang diterapkan oleh usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Yogyakarta.
Biro Kerjasama dan Komunikasi Publik
Kemenristek/BRIN.

Sebelumnya, Kementerian Riset dan Teknologi/Badan Riset dan Inovasi Nasional telah berperan aktif melakukan berbagai upaya dalam mencegah dan mengatasi pandemi Covid-19 melalui Konsorsium Covid-19. Hasilnya antara lain test kit pemeriksaan Covid-19 (PCR dan non PCR); alat dan fasilitas kesehatan ( ventilator, Mobile Laboratory BSL2, dan Powered Air Purifying Respirator); suplemen, obat, dan vaksin (litbang), skema riset dan inovasi Diaspora; SDM kesehatan (Program Indonesia Memanggil), serta penyediaan Wisma Puspiptek sebagai tempat istirahat tenaga kesehatan.(red)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan