Press "Enter" to skip to content

Rumah Sakit TNI AL dr. Komang Makes Laksanakan Vaksinasi Bagi Masyarakat Maritim Belawan Secara Rutin

Social Media Share

BELAWAN, NP – Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) I secara rutin melaksanakan vaksinasi covid-19 dan menyiapkan pelayanan vaksin setiap hari untuk masyarakat maritim di RSAL Komang Makes Belawan, Senin (6/9/2021).

Komandan Lantamal I Laksma TNI Achmad Wibisono, S.E., CHMRP., menyampaikan bahwa Lantamal I akan terus melayani kegiatan vaksin secara rutin atau regular kepada masyarakat maritim Belawan setiap hari di RSAL Komang Makes Belawan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mencapai target program pemerintah vaksinasi Covid-19 dosis ke-1 dan ke-2 sebanyak 70% .Jumlah yang wajib divaksin itu sesuai dengan program jumlah penduduk Indonesia supaya dapat kekebalan komunal (Herd Immunity) dari virus Covid-19.

“Sebanyak 10 orang Tenaga Kesehatan Lantamal I secara bergiliran siap melayani vaksinasi masyarakat secara rutin setiap hari dengan jumlah 100 sampai 200 orang di Rumah Sakit TNI AL dr. Komang Makes baik untuk vaksin pertama maupun vaksin kedua. Selain itu, juga melayani vaksin ketiga (Moderna) bagi Tenaga Kesehatan,” ujar Danlantamal I.

Untuk mendapatkan nomor antrian, peserta vaksin dapat mendaftar terlebih dahulu sehari sebelumnya melalui link yang ditempel di depan Rumah Sakit TNI AL dr. Komang Makes Belawan.

Dalam pelaksanaan vaksinasi tetap dilaksanakan sesuai prosedur kesehatan Covid-19 dimana masyarakat setelah selesai divaksin, dihimbau tetap tinggal ditempat untuk menjalani observasi selama 30 menit guna mengetahui reaksi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI) atau efek samping dari vaksin Covid-19 tersebut dengan tujuan apabila terjadi gejala yang tidak diinginkan akan dapat ditangani dengan cepat. Dan tetap menerapkan protokol kesehatan yang ketat dengan harus memakai masker, menjaga jarak dengan tidak bergerombol.

Sementara itu, Pangkoarmada I, Laksda TNI Arsyad Abdullah, S.E., M.A.P., menyampaikan bahwa secara tegak lurus TNI AL jajaran Koarmada I melaksanakan program vaksinasi Covid-19, merupakan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (KASAL) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam mendukung program pemerintah guna mempercepat terbentuknya herd immunity (kekebalan kelompok).(Dispen Koarmada I)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *