Press "Enter" to skip to content

Utamakan Protokol Kesehatan Itkolinlamil Wasrik Sops dan Diskes

Social Media Share

JAKARTA, NP – Tim Pengawasan dan Pemeriksaan Sektoral (Tim Wasrikral) Kolinlamil melaksanakan pembukaan Pengawasan dan Pemeriksaan Sektoral (Wasrikral) satuan kerja Staf Operasi (Sops) dan Dinas Kesehatan (Diskes) Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Senin (21/9).

Pembukaan wasrik sektoral ini ditandai dengan taklimat awal Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Frendy H. Saragih.

Tim Wasrikral diterima oleh Asisten Operasi (Asops) Pangkolinlamil, Kolonel Laut (P) Nanan Isnandar, Kadiskes Kolinlamil, para perwira Sops dan Diskes Kolinlamil. Pelaksanaan wasrik di dua satker ini mulai 21 September hingga 13 Oktober.

Dalam kesempatan tersebut, tetap mengutamakan protokol kesehatan dengan tidak seluruh personel turut dalam taklimat pembukaan itu.

Hanya sekitar 50 persen dari personel yang seharusnya hadir dalam pembukaan acara wasrik sektoral.

Sasaran dan ruang lingkup pengawasan kali ini adalah program dan anggaran tahun anggaran 2019, yang meliputi bidang opslat, umum dan perbendaharaan.

Pada kesempatan tersebut, Irkolinlamil menegaskan bahwa Tim Wasrik Inspektorat Kolinlamil selaku APIP diberikan kewenangan untuk melaksanakan kegiatan pengawasan melalui proses audit, review, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya terhadap penyelenggaraan tugas pokok dan fungsi organisasi di satker jajaran kolinlamil.

“Yang menjadi obyek wasrik terkait dengan pelaksanaan kegiatan dihadapkan dengan aspek efisiensi, efektifitas dan ekonomis (3e) serta ketaatan dan kepatuhan (2k) terhadap ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku” papar Pati bintang satu dipundak ini.

Kegiatan pengawasan internal juga merupakan kegiatan pembinaan untuk satker dijajaran kolinlamil terhadap ketentuan yang belum sepenuhnya dipahami serta dilaksanakan, sekaligus tim wasrik akan memberikan saran masukan terhadap permasalahan yang dihadapi oleh obyek pengawasan.

“Sehingga dengan kegiatan pengawasan internal ini dapat diupayakan solusi pemecahan secara menyeluruh dalam rangka meningkatkan kinerja sops dan diskes kolinlamil, sehingga dapat tercapai sesuai program yang telah ditetapkan” tandasnya.

Untuk itu, Irkolinlamil mengajak Satker Sops dan Diskes dapat mengembangkan pola keterbukaan dan komunikasi dialogis dengan azas edukatif dan kemitraan, agar saling mendapatkan informasi dan masukan yang obyektif sehingga dapat memberikan manfaat bagi peningkatan kinerja sops dan diskes.

“Inspektrorat sama sekali tidak bermaksud menggurui apalagi mendikte, karena Staf Pelaksana Sops dan Diskes yang seharusnya lebih memahami program, ketentuan, dan peraturan yang berlaku” ujar Pati yang pernah menjabat Kadisku (kini Kakuwil) Kolinlamil. (Pen).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan