Press "Enter" to skip to content

Komandan Lanal Banten Dampingi Kunjungan Kerja Penasehat Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Bidang Hankam Maritim

Social Media Share

CILEGON, NP – Komandan Lanal Banten Kolonel Laut (P) Golkariansyah, S.E., M.Tr.Hanla., mendampingi kegiatan kunjungan kerja Penasehat Ahli Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Bidang Hankam Maritim Laksamana (Purn) Prof. DR. Marsetio di Merak, Kota Cilegon.

Kunjungan kerja yang dilaksanakan di Merak adalah meninjau kesiapan sistem yang berada di VTS (Vessel Traffic System) Merak, hal ini merupakan bagian dalam rangka menjelang diterapkannya TSS (Traffic Separation Scheme) Selat Sunda pada awal bulan Juli 2020. VTS sendiri memiliki fungsi untuk memonitor lalu lintas pelayaran dan alur lalu lintas pelayaran dalam meningkatkan efisiensi navigasi pelayaran sehingga dapat menurunkan resiko kecelakaan kapal dan memberi rasa aman bagi pengguna jasa pelayaran.

Disamping itu, tersedia juga Information Navigation Service (INS) atau layanan informasi navigasi, Navigation Assistance Service (NAS) atau layanan bantuan navigasi dan Traffic Organization Service (TOS) atau layanan pengelolaan lalu lintas.

Sebelumnya pada Kamis 11 Juni 2020 Panglima Koarmada I Laksamana Muda TNI Ahmadi Heri Purwono, S.E., M.M., pun melaksanakan peninjauan kesiapan TSS Selat Sunda menggunakan KRI Usman Harun-359. Disampaikan oleh Pangkoarmada I TSS Selat Sunda yang akan diterapkan berfungsi untuk mengatur lalu lintas kapal di Selat Sunda agar dapat lebih teratur dalam memberikan keselamatan navigasi pelayaran, dimana nantinya TSS dapat terintegrasi dengan VTS Merak. Peninjauan yang dilaksanakan ini mengingat bahwa Selat Sunda sendiri masuk dalam wilayah kerja dari Komando Armada I.

Setelah melaksanakan kunjungan di VTS Merak, Laksamana (Purn) Prof. DR. Marsetio dengan didampingi Komandan Lanal Banten dan Kepala KSOP Kelas I Banten memimpin rapat terbatas di Kantor Syahbandar Otoritas Pelabuhan Kelas I Banten.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan