Press "Enter" to skip to content

Jarak Yang Jauh Tidak Menyurutkan Ratusan Pelajar Sma Di Bandung Ikuti Program ‘Warship Tour’

Social Media Share

JAKARTA, NP – Wisata edukasi “warship tour” yang dicanangkan oleh Komando Lintas Laut Militer sebagai wahana untuk publikasi alusista TNI AL menjadi daya tarik tersendiri bagi kaum pelajar untuk mengobati rasa ingin tahu dan rasa penasarannya tentang segala hal yang ada di kapal perang. Terbukti, jarak yang jauh tidak menyurutkan pelajar SMA Laboratorium Percontohan Bandung untuk berkunjung ke Mako Kolinlamil guna melihat dari dekat alutsista TNI AL berupa kapal perang. Dengan tertib dan teratur para pelajar dengan penuh antusias menaiki KRI Teluk Palu-523 yang saat ini sedang sandar di dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/9).

Sengaja, 140 pelajar dan 10 guru pendamping jauh-jauh dari Bandung datang ke Mako Kolinlamil untuk melihat secara langsung dan merasakan pengalaman naik ke Kapal Perang Republik Indonesia (KRI). Semangat dan antusiasme mereka tampak dengan banyaknya pertanyaan yang mereka sampaikan ke prajurit KRI Teluk Palu-523 yang bertugas sebagai pemandu kegiatan. Pimpinan rombongan SMA Laboratorium Percontohan Bandung mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu program sekolah dalam rangka memberikan wawasan kemaritiman dan keangkatanlautan serta melihat lebih dekat kehidupan prajurit TNI AL pengawak KRI. Para pelajar mengaku senang dengan kunjungannya ke KRI Teluk Palu-523 karena hal ini adalah pengalaman pertama mereka.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. menyampaikan bahwa keberadaan Kolinlamil tidak hanya melaksanakan tugas-tugas kemiliteran semata, lebih dari itu dengan memfasilitasi keingintahuan masyarakat tentang hal-hal yang berhubungan keangkatanlautan dan alutsista TNI AL khususnya KRI jajaran Kolinlamil sebagai unsur angkut pasukan dan materiil. Dalam suatu kesempatan Asisten Potensi Maritim Pangkolinlamil Kolonel Laut (P) Teguh Iman Wibowo menyampaikan bahwa Staf Potensi Maritim Kolinlamil sebagai leading sector kegiatan wisata edukasi memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada seluruh instansi atau lembaga pendidikan untuk mengetahui lebih dekat tentang unsur-unsur KRI yang menjadi alutsista Kolinlamil. Ia meyakini bahwa wisata edukasi berupa warship tour akan memberikan pengalaman tersendiri mengingat kesempatan tersebut tidak mudah untuk didapatkan.

Wisata edukasi kebaharian yang difasilitasi oleh Kolinlamil merupakan bentuk publikasi TNI AL, diharapkan dengan kegiatan tersebut masyarakat dapat lebih mengenal TNI AL beserta alutsista yang dimilikinya serta bisa mendapatkan manfaat dari tambahan pengetahuan mereka dapatkan setelah berkunjung ke Kolinlamil. Sesuai instruksi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali, keberadaan satuan-satuan TNI AL dan prajuritnya harus mampu membawa manfaat untuk masyarakat. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *