Press "Enter" to skip to content

Sama dengan Sofyan A. Djalil, Sebelum Jadi Menteri ATR/Kepala BPN Nusron Wahid Seorang Marbot

Social Media Share

JAKARTA, NP – Pada Senin (21/10/2024), di momen Serah Terima Jabatan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Nusron Wahid dengan Menteri Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hadir sejumlah Menteri ATR/Kepala BPN serta Kepala BPN terdahulu. Salah satu yang hadir ialah Sofyan A. Djalil yang secara tak disangka jejak kariernya memiliki kesamaan dengan Nusron Wahid, yaitu berangkat dari seorang marbot masjid.

“Pak Sofyan, pendahulu kita semua, ini juga kebetulan saya sangat mengikuti jejak beliau dan hari ini _ndilalah_ mengikuti jejak beliau lagi. Beliau datang dari Aceh kuliah di Fakultas Hukum Universitas Indonesia (UI) tidur di Masjid UI jadi marbot masjid, akhirnya jadi menteri,” ujar Nusron Wahid di Kantor Kementerian ATR/BPN, Jakarta.

Ia menyebut, kisahnya juga persis dengan kisah Sofyan A. Djalil. “Saya juga sama, datang dari Kudus, kuliah di UI, tinggal di masjid jadi marbot masjid juga sama. Kok _ndilalah_ hari ini jadi Menteri ATR/Kepala BPN juga,” ucap Nusron Wahid.

Dengan demikian ia mengatakan, Kementerian ATR/BPN secara resmi memiliki dua pemimpin yang mengawali karier sebagai marbot masjid. Nusron Wahid kemudian menyebut Menteri ATR/Kepala BPN periode Juli 2016-Juni 2022 ini dengan julukan Serba Menteri.

“Menteri Komunikasi pernah, Menteri BUMN pernah, Menteri Bappenas pernah, Menteri ATR pernah,” pungkas Nusron Wahid.

Di momen yang penuh kehangatan ini, hadir sejumlah tokoh di antaranya Joyo Winoto selaku Kepala BPN periode 2005-2012; Hendarman Supandji selaku Kepala BPN periode 2012-2014; Surya Tjandra selaku Wamen ATR/Waka BPN periode Oktober 2019-Juni 2022; Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) selaku Menteri ATR/Kepala BPN periode Februari-Oktober 2024 yang kini menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan; serta Raja Juli Antoni selaku Wamen ATR/Waka BPN periode Juni 2022-Oktober 2024 yang kini menjabat sebagai Menteri Kehutanan.

Turut hadir dalam kesempatan ini, Wakil Menteri ATR/Wakil Kepala BPN terlantik, Ossy Dermawan; seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian ATR/BPN; sejumlah Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi; Kepala Badan Bank Tanah; serta jajaran Pengurus Pusat IKAWATI Kementerian ATR/BPN. (red/hms)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *