Press "Enter" to skip to content

Penting! Antisipasi Libur Long Weekend Idul Adha

Social Media Share

JAKARTA, NP- Libur long weekend yang jatuh pada momen Idul Adha 2023 dan cuti bersama berpotensi meningkatkan lonjakan mobilitas masyarakat ke sejumlah daerah hingga destinasi wisata karena beriringan dengan libur sekolah.

“Meminta pemerintah dalam hal ini Kementerian Perhubungan bersama Dinas Lalu Lintas Angkutan Jalan (DLLAJ) dan Polantas berkolaborasi dan berkoordinasi dalam menyiapkan upaya antisipasi lonjakan pergerakan masyarakat saat momen libur Idul Adha,” tegas Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) dalam keterangan tertulisnya, Jumat (23/6/2023).

Upaya yang dilakukan yakni dengan menyiapkan posko pengamanan/penjagaan hingga mematangkan strategi rekayasa lalu lintas guna mencegah terjadinya kemacetan atau penumpukan kendaraan.

“Meminta Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenpar Ekraf) melalui Dinas Pariwisata untuk melakukan peninjauan lapangan ke destinasi-destinasi wisata di seluruh daerah, guna memastikan kesiapan tempat-tempat wisata telah memenuhi prosedur hingga aspek-aspek CHSR (Cleanliness, Health, Safety dan Environmental Sustainability),” ujarnya.

Langkah ini penting terutama berkaitan dengan keamanan dan keselamatan pengunjung/wisatawan. Upaya ini diperlukan agar para pengelola wisata siap menyambut lonjakan pengunjung di momen libur sekolah dan Idul Adha.

Bamsoet juga mendorong pemerintah tetap mematangkan kesiapan dari segala aspek untuk momen libur panjang Idul Adha ini, disamping meminta masyarakat untuk tetap mewaspadai penularan Covid-19 meskipun status kedaruratan pandemi telah dicabut.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *