Press "Enter" to skip to content

KRI Banda Aceh 593 Angkut Bantuan Ke Kalsel Dan Sulbar

Social Media Share

JAKARTA, NP – Unsur-unsur kapal perang TNI Angkatan Laut terus melaksanakan operasi kemanusiaan mengirimkan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat korban bencana alam di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat dengan memberangkatkan KRI Banda Aceh pada Sabtu (23/1) besok.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla) mengatakan, pemberangkatan kapal dari Dermaga 101 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara akan dilangsungkan besok karena saat ini masih melakukan pengisian barang-barang bantuan kemanusiaan ini ke dalam kapal.

“Kita rencanakan bertolak besok, masih banyak bantuan lain dari Koarmada I, Kormar, Lantamal III, Diskesal, dan juga dari pihak swasta maupun perorangan. Jadi masih banyak yang akan masuk. Kapal ini salah satu kapal terbesar kita dengan kapasitas angkut 500 ton,” ujar Panglima Kolinlamil di dermaga 101 pelabuhan Tanjung Priok, Jumat (22/1).

“Sesuai rencana operasi pemberangkatan KRI Banda Aceh akan ke Surabaya dulu mengambil sejumlah barang bansos, kemudian ke Banjarmasin, sekitar sehari. Setelah bongkar di sana, kemudian akan kita berangkatkan lagi ke Mamuju yang memakan waktu dua hari,” jelas Laksda TNI Irvansyah, S.H., CHRMP, M.Tr (Opsla).
Dikatakannya pihaknya juga membawa dapur lapangan dari Korps Marinir dan TNI AU. Dapur lapangan ini diketahui cukup tinggi oleh sebabnya hanya kapal dengan kapasitas besar yang dimiliki Kolinlamil yang bisa mengangkut.

“Jadi nanti bisa mengangkut 400-500 ton paket bansos untuk warga korban bencana. Semoga bantuan ini bisa memperlancar bantuan distribusi ke Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat,” tandas Panglima Kolinlamil.

Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Pusat Jalasenastri, Vero Yudo Margono menyebutkan pihaknya akan terus menggalang bantuan sosial yang layak pakai dan konsumsi bagi warga korban bencana di Sulawesi Barat maupun Kalimantan Selatan.

“Jajaran kami dari seluruh Indonesia memberikan bantuan berupa kasur lipat, sembako, pakaian baru, selimut, pakaian bayi, pakaian anak-anak, makanan, minuman dan obat-obatan, perlengkapan mandi. Kita juga menyerahkan masker untuk mencegah penyebaran Covid-19,” ujar isteri dari Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M.

“Sebelumnya sudah diberangkatkan melalui KRI Koarmada I, Koarmada II, dan Helikopter. Termasuk prajurit wanita TNI AL juga turun ke dusun pelosok dengan menggunakan perahu karet. Untuk yang bantuan diangkut hari ini kurang lebih 5 ton. Kedepannya bantuan akan kami kirimkan sesuai dengan kebutuhan masyarakat disana,” tandasnya. (Pen)

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan