Press "Enter" to skip to content

Peduli Kemanusiaan, Kolinlamil Gelar Aksi Donor Darah

Social Media Share

JAKARTA, NP – Bagi sebagian orang, donor darah merupakan pengalaman yang menyenangkan sekaligus menyehatkan, dan dapat dilakukan secara rutin. Dari banyaknya manfaat kesehatan yang bisa dirasakan dengan rutin melakukan donor darah, satu hal yang cukup penting adalah sumbangan darah bisa menyelamatkan nyawa seseorang yang membutuhkan.

Peduli dengan masalah kemanusiaan, Komando Lintas Laut Militer bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Jakarta Utara menggelar kegiatan bakti sosial donor darah dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun ke-61 Komando Lintas Laut Militer di Gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Jakarta Utara, Rabu (9/3).

Ditemui di lokasi acara, Kepala Dinas Kesehatan Kolinlamil Letkol Laut (K) Slamet Rahardja selaku ketua panitia penyelenggara menyampaikan peserta donor darah berasal dari keluarga besar Kolinlamil, baik anggota militer dan keluarganya maupun PNS Kolinlamil. Secara umum tercatat 162 personel yang mendaftarkan diri untuk donor darah, namun hanya 128 personel yang dilakukan pengambilan darah. Sisanya tidak bisa dilaksanakan karena tidak memenuhi syarat karena masalah kesehatan seperti tekanan darah sistolik/diastolik yang terlalu tinggi atau rendah, nilai hemoglobin yang tidak terpenuhi dan belum waktunya untuk donor darah karena persyaratan untuk bisa donor darah adalah 3 bulan sekali.

“Banyak manfaat yang diperoleh dengan berdonor darah, selain untuk menjaga kesehatan tubuh donor darah dapat mengurangi stres, meningkatkan persepsi terhadap keadaan emosional yang meliputi kepuasan hidup dan kebahagiaan hidup, membantu menyingkirkan perasaan negatif, menciptakan rasa saling memiliki dan mengurangi perasaan kesepian.” ungkap Kadiskes Kolinlamil.

Lebih lanjut Kadiskes Kolinlamil mengatakan bahwa kegiatan donor darah di Mako Kolinlamil sudah menjadi program rutin Diskes Kolinlamil, setiap 3 bulan dilaksanakan. Melalui kegiatan ini diharapkan Kolinlamil dapat berkontribusi dalam upaya Pemerintah memenuhi ketersediaan darah melalui PMI yang selanjutnya akan disalurkan ke rumah sakit guna membantu masyarakat yang membutuhkan.

Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S Aldedharma yang ditemui di tempat terpisah menyampaikan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dilaksanakan di Mako Kolinlamil adalah bentuk kepedulian Kolinlamil terhadap masalah kemanusiaan. Hal tersebut merupakan implementasi dari penekanan Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono, dimanapun TNI AL berada harus memberi manfaat kepada rakyat dan cepat tanggap terhadap permasalahan dan kesulitan rakyat.

Dalam kegiatan donor darah tersebut, Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Retiono Kunto mengawali sebagai pendonor pertama yang diikuti oleh Inspektur Kolinlamil, para Asisten Pangkolinlamil, para Kasatker, Komandan satuan dan dilanjutkan oleh para peserta lainnya. (Dispen Kolinlamil).

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *