Press "Enter" to skip to content

Kolinlamil Jadi Pusat Kegiatan Gerakan Nasional Laut Bersih Serentak

Social Media Share

JAKARTA, NP – Jelang peringatan Hari Ulang Tahun ke-77 TNI Angkatan Laut tahun 2022 yang diperingati setiap tanggal 10 September, TNI AL dengan leading sector Komando Lintas Laut Militer menggelar Gerakan Nasional Laut Bersih tahun 2022 secara serentak yang dipusatkan di Dermaga Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (7/9).

Acara Gerakan Nasional Laut Bersih yang mengusung tema “Membangun Kejayaan Maritim untuk Indonesia Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat” ini dihadiri oleh Menteri Koordinator Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Panjaitan, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi dan didampingi Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono.

Kegiatan dengan motto “Laut Bersih, Rakyat Sejahtera” ini dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat sebagai bentuk kepedulian dalam aksi nyata menjaga laut bersih, meningkatkan persatuan dan kesatuan serta kerja sama lintas sektor dalam penanganan sampah di laut serta mengedukasi masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik agar ekosistem laut tetap lestari.

Pada kesempatan tersebut Menko Marves, Menhub dan Kasal berkesempatan untuk melaksanakan vicon dengan peserta dari seluruh Indonesia di 77 lokasi dan memberikan sembako atau bahan kontak secara simbolis kepada nelayan yang turut serta dalam acara bersih-bersih laut. Dalam acara tersebut juga dipamerkan produk hasil pengolahan sampah dari UMKM.

Dalam sambutannya, Kasal mengulang kembali pidato Presiden RI Joko Widodo saat dilantik, kita harus bekerja dengan sekeras-kerasnya untuk mengembalikan Indonesia sebagai negara maritim, samudra, laut, selat dan teluk adalah masa depan kita yang telah lama menunggu lautan ini dan saatnya kita mengembalikan semuanya sehingga jelas visi dan cita-cita tersebut harus kita bangun bersama bangsa Indonesia.

“Dengan kesadaran dan tekad tersebut, maka momentum peringatan hari ulang tahun ke-77 TNI Angkatan Laut pada tanggal 10 September nanti dimanfaatkan untuk mengobarkan Gerakan Nasional Laut Bersih. Hari ini, gerakan tersebut kami mulai secara serentak di jajaran TNI AL hingga satuan terkecil di seluruh penjuru Indonesia, berkolaborasi dengan segenap elemen masyarakat. Kami berharap acara ini dapat memicu gelombang kesadaran seluruh bangsa Indonesia untuk mencintai laut, dengan tidak mengotori dan menjaga kebersihannya.” ungkap Kasal.

Dalam Gerakan Nasional Laut Bersih ini, TNI AL juga kembali dianugerahi Sertifikat Rekor MURI ketiga di tahun ini setelah dua rekor sebelumnya yaitu penanaman mangrove serentak dan pengibaran bendera di bawah laut secara serentak pada peringatan HUT ke-77 RI beberapa waktu lalu. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *