Press "Enter" to skip to content

Seskoal Laksanakan Seminar Maritim Nasional

Social Media Share

JAKARTA, NP – Bertempat di Auditorium Jos Soedarso, Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Yoos Suryono Hadi., M.Tr (Han)., M.Tr.Opsla., CHRMP. yang disaksikan sejumlah pejabat TNI dan peserta seminar, secara resmi membuka Seminar Maritim Nasional TA 2023 di Auditorum Jos Soedarso, Cipulir Jakarta Selatan. Rabu (27/09/23).

Prosesi dibukanya seminar tersebut diawali dengan foto bersama di Plaza Dharmawiratama, pembacaan amanat oleh Komandan dan dilanjutkan dengan pemukulan gong diatas panggung. Dalam kesempatan tersebut, Panglima TNI, Pangkoarmada I dan Dirjen PSKP Kementerian Kelautan dan Perikanan turut menyaksikan langsung dari atas panggung.

“Seminar ini akan membahas tentang pengelolaan dan pengawasan pencemaran laut yang terkait dengan perwujudan konsep blue economy, yang diharapkan menjadi kontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan di Indonesia,” demikian disampaikan Komandan Seskoal saat mengawali sambutannya.

Pada seminar yang merupakan kerjasama antara TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikanan ini dijelaskan bahwa, blue economy sejalan dengan tujuan kebijakan pembangunan kelautan Nasional yang antara lain, mewujudkan Indonesia sebagai negara kelautan yang mandiri, maju, kuat dan berbasiskan kepentingan Nasional.

Sebagai informasi, kegiatan seminar ini diikuti oleh ratusan peserta dengan berbagai latar belakang profesi dan pendidikan yang tersebar diseluruh penjuru Nusantara. Peserta tersebut mengikuti seminar secara langsung dan juga secara daring ini, dengan menghadirkan beberapa tokoh penting yang kali ini berperan sebaga keynote speaker. Bertindak sebagai keynote speaker pada seminar ini antara lain Menteri Koordinator bidang kemaritiman dan investasi, Luhut Binsar Panjaitan, Laksamana TNI Yudo Margono selaku paglima TNI dan sejumlah tokoh penting lainnya.

Pada seminar ini, ditayangkan juga film pendek tentang pentingnya menjaga ekosistem perairan dan keamanan laut dari berbagai hal yang bisa merusak lingkungan. Selain itu ditampilkan juga penampilan sendratari dari Bali yang mengekspresikan tentang dedikasi TNI AL sebagai garda terdepan untuk menjaga dan melindungi keberlangsungan ekosistem di laut.

Dalam kesempatan ini, peserta seminar juga berkesempatan mendapatkan penjelasan dari Prof. DR. Rokhmin Dahuri, DR. Connie Rahakundini Bakri dan sejumlah pakar yang kompeten dibidang militer, kelautan dan lingkungan hidup. Kegiatan ini diakhiri dengan Call Paper yang bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan akademisi dari seluruh Indonesia untuk menuangkan ide dan pemikirannya yang positif.

Kegiatan ini ditutup oleh Komandan Seskoal pada sore harinya. Dalam kesempatan tersebut Komandan memberikan cindera mata dan tak lupa mengucapkan rasa terimakasihnya kepada narasumber, peserta dan panitia serta tim pendukung yang telah mensukseskan kegiatan ini. Komandan juga berpesan agar seluruh peserta dapat mengimplementasikan ilmu yang didapat dari seminar ini.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *