Press "Enter" to skip to content

Waspada Autoimun, TNI AL Gelar Sosialisasi Autoimun di Lingkungan TNI AL

Social Media Share

JAKARTA, NP – TNI AL berkomitmen dalam meningkatkan kepedulian personelnya terhadap Autoimun, seperti dalam hal ini Dinas Kesehatan TNI AL (Diskesal) bersama Marisza Cardoba Foundation (MCF) menyelenggarakan acara Sosialisasi Autoimun di Lingkungan TNI AL yang dihadiri oleh Asisten Personalia Kepala Staf Angkatan Laut (Aspers Kasal) Laksda TNI Rony Saleh mewakili Kasal Laksamana TNI Dr. Muhammad Ali, bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur. Rabu (16/10).

Acara yang mengambil tema “Tantangan Baru Dalam Dunia Kesehatan Modern” ini diikuti sebanyak 400 peserta baik secara tatap muka oleh Prajurit TNI AL dan PNS wilayah Mabesal, Pengurus Pusat (PP) Jalasenastri serta seluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) TNI AL di seluruh Indonesia melalui Video Conference (Vicon) oleh.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan pemahaman kepada seluruh personel TNI AL tentang pentingnya penerapan pola hidup sehat, tidak hanya sebagai upaya mencegah Autoimun tetapi juga sebagai cara untuk meningkatkan kualitas hidup.

Acara yang digelar TNI bekerjasama dengan MCF ini berjalan dengan lancar. MCF merupakan sebuah organisasi nirlaba yang didirikan oleh Marisza Cardoba, yang merupakan Orang Dengan Autoimun (ODAi) dan tokoh medis senior Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, KHOM pada tahun 2012,

Organisasi ini bertujuan untuk mendukung ODAi di seluruh Indonesia, serta mendorong peningkatan kualitas kesehatan masyarakat Indonesia melalui penerapan Lima Dasar Hidup Sehat (LDHS) yaitu Gaya Hidup Sehat (makanan bebas 5P), Aktif Mandiri (olahraga 30 menit sehari, menanam makanan sendiri), Pengendalian Stress (ibadah, komunikasi positif), Terus Belajar (mengetahui informasi obat) dan Hidup Positif (bekerja cerdas, tersenyum setiap saat).

Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, KHOM dalam sambutannya menyampaikan Autoimun merupakan kondisi dimana sistem kekebalan tubuh tidak dapat membedakan kawan dan lawan, seperti reaksi terhadap gaya hidup dan lingkungan.

Sementara itu, Kasal dalam sambutan tertulis yang disampaikan oleh Aspers Kasal menjelaskan bahwa penyakit Autoimun merupakan tantangan yang tidak boleh kita pandang sebelah mata. Dengan prevalensi mencapai 10% dari populasi, Autoimun dapat menyerang organ-organ tubuh manusia dan sering kali mempengaruhi perempuan di usia produktif, yang seharusnya menjadi tulang punggung kemajuan bangsa.

Lebih lanjut Kasal menegaskan, dalam upaya mewujudkan visi Indonesia Emas 2045, TNI AL membutuhkan generasi yang sehat dan produktif. “Saya mengajak kita semua untuk menerapkan pola hidup sehat sebagai langkah preventif yang sangat penting. Pola makan yang seimbang, aktivitas fisik yang teratur, dan manajemen stres yang baik adalah strategi yang ampuh untuk menjaga kesehatan seorang prajurit dalam melaksanakan tugas menjaga kedaulatan negara,” tegas Kasal.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan Peluncuran Buku Digital “Keluarga Sehat TNI Angkatan Laut” oleh Aspers Kasal, Prof. Dr. dr. Aru W. Sudoyo, KHOM, Menteri Kesehatan Republik Indonesia (Menkes RI) diwakili oleh Plt. Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes RI, dr. Yudhi Pramono, MARS., dan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia diwakili oleh Asisten Deputi Pengarusutamaan Gender Bidang Politik dan Hukum, Dr. Iip Ilham Firman.

Acara dilanjutkan dengan paparan dari dua narasumber kesehatan ternama yaitu Bidang Publikasi Ilmiah MCF Dr. dr. Stevent Sumantri, SpPD, K-AI, DAA, FINASIM., dengan materi Autoimun (Autoimunitas), dan Wakil Ketua MCF Dr. Rita Ramayulis, DCN, M.Kes dengan materi Peranan Pola Hidup Sehat (Pola Makan Sehat) Sebagai Strategi Ampuh Untuk Meningkatkan Kualitas Kesehatan Secara Menyeluruh. Acara ini moderator oleh Maya Yopie Sepang yang juga ODAi dan Duta Autoimun.(Pen)

.

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *