Press "Enter" to skip to content

Kasal: Perwira TNI AL Korps Pelaut Jadi Pilar Hadapi Badai Globalisasi

Social Media Share

JAKARTA, NP – “Perwira Korps Pelaut adalah tulang punggung bahtera TNI Angkatan Laut. Laksana kompas yang menuntun arah, Perwira Korps Pelaut menjadi pilar dalam menghadapi gelombang dan badai globalisasi”.

Hal tersebut disampaikan Asisten Operasi Kepala Staf Angkatan Laut (Asops Kasal) Laksamana Muda TNI Denih Hendrata mewakili Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali dalam kegiatan Bimbingan Teknis Pembinaan Perwira Korps Pelaut tahun 2023 yang diselenggarakan oleh Staf Operasi TNI AL (Sopsal) bertempat di Auditorium Denma Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Kamis (6/7).

Lebih lanjut Kasal dalam sambutan tertulis yang dibacakan oleh Asops menyampaikan bahwa Perwira adalah pemimpin, sehingga dalam kehidupan sehari-hari maupun kedinasan selalu menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan.

Sebagai seorang perwira harus mampu mendorong anggotanya untuk giat berlatih dan menambah wawasan melalui kursus ataupun pendidikan. Bagi setiap prajurit, pembinaan mutlak dilaksanakan secara terencana sehingga lebih efektif dan terarah dengan mencermati apa yang menjadi kekuatan (strenghth), kelemahan (weakness), peluang (opportunity), dan ancaman (threat) pada potensi sumber daya manusia TNI AL.

Kegiatan Bintek ini merupakan forum untuk menyampaikan kebijakan dan arahan kepada seluruh personel Korps Pelaut sehingga diharapkan dapat tercipta pemahaman dan kesesuaian dalam pelaksanaan tugas serta menjaga agar seluruh personel tetap patuh terhadap kebijakan dan arahan serta tidak menyimpang dari aturan-aturan yang ada.

Lebih lanjut, Asops menjelaskan bahwa hakikat seorang Perwira Korps Pelaut adalah perwira yang dipersiapkan sebagai pengawak alutsista dengan medan tugasnya adalah di laut. “Perwira Korps Pelaut harus responsif dan peka terhadap kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang menjadi ciri-ciri Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT). Perwira Korps Pelaut yang profesional harus dapat menghayati, menguasai, dan mengamalkan ilmu pengetahuan dan keterampilan yang dimilikinya untuk menjadikan TNI AL semakin handal dan berdaya guna”, ucap Laksda TNI Denih Hendrata dalam paparannya.

Dalam sambutan yang dibacakan Asops, Kasal berharap Perwira Korps Pelaut harus dapat menjadi contoh teladan bagi seluruh prajurit, mampu menerapkan reward and punishment yang adil, sehingga menginspirasi prajurit lain untuk tumbuh menjadi prajurit yang bertanggung jawab dan penuh integritas.

“Mari berlayar dengan semangat, tekad, dan kebersamaan, karena di tangan kalian kemajuan TNI Angkatan Laut akan selalu tegak dan berjaya”, ungkap Kasal dalam sambutannya tersebut.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *