Press "Enter" to skip to content

Diwarnai Hujan, Pameran Dirgantara Royal International Air Tattoo 2023, Tetap Menarik Pengunjung

Social Media Share

JAKARTA, NP – Dalam lawatannya ke Inggris selain menghadiri Global Air and Space Chiefs Conference 2023, Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, SE, MPP, CSFA juga berkesempatan mengunjungi Royal International Air Tattoo (RIAT) di RAF Fairford, Gloucestershire., Inggris. (Sabtu, 15/7/23). Hari pertama Airshow meskipun diwarnai hujan sepanjang hari, RIAT ’23 tetap menarik ribuan pengunjung dari seluruh penjuru Inggris, Eropa dan negara-negara jauh.

RIAT ’23 merupakan salah satu airshow kemiliteran paling terkenal dan terbesar di dunia yang menampilkan tak hanya pesawat militer namun juga pesawat klasik baik secara static maupun dynamic, dimana lebih dari 250 pesawat yang datang dari 58 negara ambil bagian dalam airshow ini.

Dalam sesi flying display, seperti biasa Royal Air Force direncanakan menampilkan atraksi tim aerobatik “The Red Arrows” yang legendaris, dan demo terbang berbagai pesawat militer modern dan klasik antara lain Eurofighter Typhoon FGR4, Avro Lancaster B1, Hawker Hurricane IIc. Sedangkan USAF menampilkan Boeing B-52H Stratofortress, KC-135 Stratotanker dan CV-22B Osprey. Beberapa negara lain juga turut menampilkan pesawatnya seperti Belgia dan Denmark dengan F-16AM Fighting Falcon, Republik Ceko dengan SAAB JAS-39C Grippen, Finlandia dengan F-18C Hornet, Perancis dengan Dassault Rafale C, serta Jerman dengan DS A400M dan Tornado ECR.

Walau diguyur hujan, Air Show ini mampu menarik jumlah pengunjung 150.000 hingga 200.000 penonton di akhir pekan. RIAT 2023 akan berlangsung dari 14 Juli s.d
16 Juli 2023.(Foto:Ist)

Selanjutnya di sesi Static Display, berbagai pesawat turut ditampilkan seperti Hawk T2, Texan T1, DS A400M Atlas C1, Lockheed U-2S, F-15E Strike Eagle, dan berbagai pesawat bersejarah dan juga pesawat sipil.

Namun cuaca hujan yang menyelimuti RAF Fairford tempat lokasi RIAT 23 digelar memaksa flying display hari pertama ditunda pelaksanaanya. Kasau dan rombongan Mabesau tetap menikmati static display dengan berkeliling menggunakan payung hitam khas gentleman Inggris.

Mengacu tahun-tahun sebelumnya, Air Show ini mampu menarik jumlah pengunjung 150.000 hingga 200.000 penonton di akhir pekan. RIAT 2023 akan berlangsung dari 14 Juli s.d
16 Juli 2023.

RIAT Tahun 2023 ini bertemakan “Skytanker23” untuk menandai peringatan 100 tahun keberhasilan pengisian bahan bakar udara ke udara pertama antara dua pesawat RAF pada tahun 1923 dan menjadikan airshow ini sebagai ajang untuk memamerkan pesawat tanker spesialis bagi Angkatan Udara internasional.

Turut mendampingi Kasau selama melihat langsung RIAT 2023 ini Asintel Kasau Marsda TNI Dr. Age Wiraksono dan Aspotdirga Kasau Marsda TNI Andi Wijaya, S.Sos, disamping itu turut mendampingi Athan RI di Inggris Kolonel Inf Faishal Ridlwan, MBA dan Koorsmin Kasau Kolonel Pnb Andreas A. Dhewo, SE, M.Sc, M.Si ( Han).(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *