Press "Enter" to skip to content

Setum Kolinlamil Ikuti Rakornisset TNI 2022

Social Media Share

JAKARTA, NP – Kepala Sekretariat Umum Komando Lintas Laut Militer Letkol Laut (S) Misge Bintarama mengikuti Rapat Koordinasi Teknis Kesekretariatan TNI Tahun 2022 dengan tema “Melalui Rakornisset TNI Kita Tingkatkan Kualitas SDM Kesekretariatan dan Pengelolaan Kearsipan Guna Mendukung Reformasi Struktural dan Tugas Pokok TNI” melalui video conference dari ruang kerjanya di Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (29/3).

Rakornis Kesekretariatan TNI digelar untuk mewujudkan kesamaan pendapat dan keseragaman dalam melaksanakan administrasi umum di lingkungan TNI. Kegiatan ini efektif untuk mewujudkan keseragaman dalam pelaksanaan pengelolaan arsip aktif di masing-masing central file, serta mengevaluasi pelaksanaan tugas dan meningkatkan tertib administrasi di bidang kesekretariatan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Kepala Sekretariat Umum TNI Brigjen TNI Edy Rochmatullah mengatakan Rakornisset TNI ini merupakan sarana untuk bersosialisasi, berkoordinasi, berbagi informasi dan pengayaan wawasan tentang kesekretariatan sebagai bekal dalam menjalankan tugas di masa yang akan datang.

Berdasarkan Peraturan Panglima TNI Nomor 11 Tahun 2020 tentang Organisasi dan Tugas Sekretariat Umum Tentara Nasional Indonesia, Sekretariat Umum TNI memiliki tiga fungsi utama yaitu penyelenggaraan dan pengendalian administrasi umum, tata kearsipan dan fungsi terakhir adalah kesekretariatan di lingkungan TNI. Ketiga fungsi utama tersebut dapat dijabarkan dalam bentuk kegiatan surat-menyurat, tata naskah, distribusi dokumen, pengarsipan, tata tempat dan undangan.

Penekanan yang disampaikan untuk menjadi atensi para personel kesekretariatan dalam kegiatan Rakernis Kesekretariatan TNI diantaranya masih adanya satuan kerja yang lambat atu tidak menyerahkan arsip akibat dari penomoran yang mendahului, masih adanya beberapa satuan kerja yang lambat mengambil surat meskipun surat sudah ditandatangani oleh pimpinan sehingga perpotensi memperlambat tindak lanjut surat tersebut, penggandaan dan pengemasan naskah dengan tanda tangan Panglima TNI adalah tanggung jawab konseptor dan arsip yang tercipta dari kegiatan lembaga negara dan menggunakan APBN dinyatakan sebagai arsip milik negara.

Dari kegiatan Rakornis Kesekretariatan Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menekankan agar tertib administrasi umum di lingkungan dan jajaran Kolinlamil bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan serta hal-hal terkait penekanan dari hasil Rakor agar disosialisasikan dan diteruskan ke jajaran Set Kolinlamil untuk ditindaklanjuti.

“Sesuai dengan perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono bahwa Rakornisset membawa pesan kita harus berani berubah menjadi lebih baik dengan meninggalkan budaya rutin yang tidak produktif.” tandas Panglima Kolinlamil. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *