Press "Enter" to skip to content

Kolinlamil Terima Kedatangan Tim Wasrik BPK

Social Media Share

JAKARTA, NP – Komando Lintas Laut Militer menerima kedatangan Tim Pengawasan Pemeriksaan (Wasrik) dari Badan Pemeriksaan Keuangan Republik Indonesia, di Officer Club, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Kamis (24/3).

Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Retiono Kunto bersama Inspektur Kolinlamil Laksma TNI Hardiko mewakili Panglima Kolinlamil menyambut tim BPK yang dipimpin Ahmad Kholik bersama 2 orang stafnya. Kedatangan Tim BPK kali ini adalah melakukan pengawasan dan pemeriksaan terkait beberapa kegiatan yang menggunakan anggaran negara di lingkungan Kolinlamil.

Dalam sambutannya Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Erwin S. Aldedharma menyampaikan bahwa laporan keuangan merupakan bagian dari pertanggungjawaban sebuah organisasi penerima anggaran. Pemeriksaan laporan keuangan yang dilakukan oleh BPK ini adalah dalam rangka memberikan pernyataan opini tentang tingkat kewajaran informasi yang disajikan dalam laporan keuangan pemerintah.

Pemeriksaan keuangan sendiri bertujuan untuk memberikan keyakinan yang memadai atau reasonable assurance bahwa laporan keuangan telah disajikan secara wajar dalam semua hal material, sesuai dengan prinsip akuntansi yang berlaku umum. Pemeriksaan ini juga sekaligus untuk mendeteksi dan mencegah terjadinya penyimpangan keuangan guna menjamin kesesuaian perencanaan program yang telah dibuat.

“Saya berharap Tim Wasrik BPK nantinya dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan apa yang direncanakan. Oleh karena itu, kepada obyek wasrik saya berharap dapat membantu secara penuh melalui kerja sama yang baik serta keterbukaan sebagai mitra kerja. Dengan demikian tujuan dan sasaran wasrik dapat tercapai dan memberikan manfaat sehingga hasilnya dapat digunakan sebagai saran masukan yang positif dalam menentukan kebijakan selanjutnya.” tandas Panglima Kolinlamil.

Usai pembukaan, Tim Wasrik BPK didampingi Inspektur Kolinlamil bergerak menuju Marunda untuk melaksanakan pemeriksaan fisik terhadap pembangunan sarana dan prasarana di lahan Kolinlamil yang sedianya akan dibangun Mako Kolinlamil.

Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono dalam bidang perencanaan dan anggaran memberikan instruksi untuk meningkatkan efektifitas dan mencegah pemborosan anggaran dengan mengoptimalkan pengendalian kegiatan untuk mencegah penyimpangan. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *