Press "Enter" to skip to content

Kasal : Hasil Ketahanan Pangan Brigif 4 Mar/BS Untuk Kesejahteraan Masyarakat Sekitar

Social Media Share

JAKARTA, NP – “Hasil dari ketahanan pangan oleh Brigif 4 Mar/BS nantinya akan digunakan untuk kesejahteraan masyarakat sekitar”. Demikian disampaikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono saat meninjau Lahan Ketahanan Pangan Markas Komando Brigade Infantri 4 Marinir/Berdiri Sendiri (Brigif 4 Mar/BS) Piabung, Lampung, Selasa,(8/3) lalu yang merupakan rangkaian kunjungan kerjanya di Lampung.

Dalam peninjauan tersebut Kasal turut didampingi Ketua Umum Jalasenastri Ny. Vero Yudo Margono, Irjenal, Asrena Kasal, Aslog Kasal, Pangkoarmada I, Pangkolinlamil, Dankormar, Keinkopal, Kadisfaslanal, Danlantamal III Jakarta, dan para Pengurus Pusat Jalasenastri

Kunjungan ke Mako Brigif 4 Mar/BS ini dilaksanakan setelah kegiatan peresmian Gedung Mako Lanal Lampung. Kunjungan diawali Laporan Komando oleh Dan Brigif 4 Mar/BS Kolonel Marinir Harry Indarto kepada Kasal beserta rombongan di Mako Brigif 4 Mar/BS. Kasal didampingi Ny. Vero Yudo Margono dan rombongan kemudian menyaksikan persembahan tarian Sembah Siger Penguten dari putra-putri personel yang merupakan tarian ucapan selamat datang.

Kasal juga menyaksikan kebolehan prajurit-prajurit Harimau Sumatera Brigif 4 Mar/BS yang telah banyak mendapatkan prestasi seperti pada kejuaraan Presiden Cup, Panglima TNI Cup dan terakhir berhasil mendapatkan juara umum pada kejuaraan Kasal Cup tahun 2022 kemarin.

Kegiatan dilanjutkan kunjungan ke stand UMKM dari Jalasenastri Cabang 7 PG Kormar yang menjual berbagai makanan ringan maupun berat. Kegiatan UMKM dari Jalasenastri Cabang 7 PG Kormar ini berada dibawah binaan Ny. Neneng Harry Indarto. Kasal selanjutnya melihat stand dari para prajurit Yonif 7 Mar seperti stand kerajinan tangan dari kayu jati Kopda Mar Beny Herman dan stand budidaya bonsai Serda Mar Sakiman. Kedua stand ini mendapat apresiasi Kasal karena kedua prajurit tersebut sangat kreatif dan dapat menghasilkan suatu karya seni yang cukup tinggi.

Rombongan kemudian meninjau perumahan prajurit Brigif 4 Mar/BS yang begitu rapi dan bersih. Kasal berpesan agar para penghuni perumahan yang berjumlah 67 KK ini dapat merawat rumah dinas yang telah disediakan oleh negara dengan baik. Kebersihan dan kerapian tiap rumah agar dapat terus terpelihara.

Pada kunjungan selanjutnya, Laksamana bintang empat ini meninjau lahan ketahanan pangan milik Yonif 9 Mar yang merupakan salah satu jajaran dari Brigif 4 Mar/BS. Yonif 9 Mar memiliki 3 usaha ketahanan pangan yaitu 3 perak kolam ikan seluas 1 hektar, lahan Black Bear Garden (BBG) seluas 3 hektar dan lahan ketahanan pangan Padi seluas 22 hektar.

Pada lahan ketahanan kolam ikan, Kasal didampingi Ny. Vero Yudo Margono beserta para pejabat lainnya melepas sekitar 60.000 benih ikan Mas. Setelah pelepasan benih ikan, Kasal kemudian melaksanakan penanaman benih padi varietas Situ Bagendit dilahan ketahanan pangan padi. Varietas ini yang memiliki keunggulan tahan terhadap penyakit dan menghasilkan tekstur nasi yang pulen. Ada kejadian yang membuat semua orang terpana pada saat penanaman benih Padi, dimana Kasal tidak segan melepas sepatu dan turun langsung menanam benih padi tersebut bersama-sama prajurit Yonif 9 Mar. Kasal juga memberi contoh cara menanam benih padi yang benar kepada para prajurit. Kasal memang sudah terbiasa menanam benih padi sejak masih kecil.

Berbagai macam kegiatan ketahanan pangan yang dilakukan oleh Brigif 4 Mar/BS ini membuat Kasal berkeinginan untuk mengembangkan budidaya udang Vaname dengan Program INAP di lahan Brigif 4 Mar/BS. Namun perlu penelitian mengenai kualitas air laut “kualitas air di daerah Piabung ini perlu di uji apakah cocok untuk digunakan pada budidaya udang Vaname dengan program INAP” ujar Kasal. Apabila sesuai, maka program INAP akan segera dibangun di Brigif 4 Mar/BS.

Sebelum mengakhiri kegiatan kunjungannya, Kasal menyempatkan diri melihat satuan lain dari jajaran Brigif 4 Mar/BS yakni Yonif 7 Mar. Kasal merasa sangat gembira dan bangga melihat para prajurit Yonif 7 Mar yang begitu bersemangat. Kasal berpesan agar prajurit Yonif 7 Mar mau mengembangkan dirinya. Terutama bagi para prajurit strata tamtama mempunyai keinginan kuat untuk menjadi Bintara.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan