Press "Enter" to skip to content

TNI AL dan Angkatan Laut India Sepakat Jaga Stabilitas Keamanan di Kawasan Samudera Hindia 

Social Media Share

JAKARTA, NP –  Dalam rangka meningkatkan kerjasama dalam menjaga stabilitas keamanan di kawasan Samudera Hindia, Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali melaksanakan pertemuan bilateral dengan Chief of Naval Staff (CNS), Indian Navy, Admiral R. Hari Kumar, di Hewitt Building, US Naval War College, Newport, Rhode Island, Rabu (20/09).

Di sela-sela rangkaian kegiatan International Seapower ke-25 (ISS-25), kedua pemimpin AL Indonesia-India berkesempatan untuk melaksanakan pertemuan bilateral dan sepakat untuk meningkatkan kerjasama yang telah dilaksanakan selama ini.

Dalam pertemuan penting ini, Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan AL India (Indian Navy) adalah sahabat lama untuk TNI AL. “Kita memiliki hubungan persahabatan yang sangat kuat, terutama dalam berbagi tanggung jawab menjaga keamanan di sekitar perbatasan maritim Indonesia dan India”, ungkap Kasal.

Lebih lanjut, kerjasama operasi, latihan dan pendidikan yang sudah berjalan selama ini juga akan diperluas lagi, seperti pada bidang hidrografi, informasi maritim, dan submarine rescue. Kasal berharap kedepan perluasan kerjasama dapat diwujudkan sebagai komitmen keduanya.

Pada pertemuan tersebut, Admiral R Hari Kumar juga mengundang TNI AL untuk berpartisipasi pada kegiatan Multilateral Naval Exercise MILAN 2024, pada Februari 2024 di Visakhapatnam, India. CNS berharap Kasal dapat hadir di India saat kegiatan tersebut.

Pertemuan bilateral yang dilaksanakan sebagai langkah untuk mewujudkan komitmen nyata TNI AL dalam menjalin hubungan diplomasi dengan negara sahabat dalam menjaga stabilitas keamanan di wilayah laut.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *