Press "Enter" to skip to content

TNI AL Terima Courtesy Call Wakasal Australia, Ini Yang Dibicarakan

Social Media Share

JAKARTA. NP –  Dalam rangka meningkatkan kerja sama Angkatan Laut antara dua negara, Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono mewakili Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali menerima Courtesy Call Deputy Chief of Royal Australian Navy, Rear Admiral Jonathan Earley beserta delegasi di Gedung Utama Mabesal, Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (23/08).

Dalam kesempatan ini, Wakasal menyampaikan ucapan terima kasih kepada RADM Jonathan Earley beserta delegasi atas kesediaan waktunya berkunjung ke Mabesal. Selanjutnya pembicaraan mengarah pada peningkatan kerjasama antara TNI AL dan RAN, baik yang sudah dilaksanakan atau sedang direncanakan.

Dalam pertemuan tersebut dibicarakan mengenai penyampaian RAN tentang draft MoU/ToR kegiatan SAER SMEE, Sister Academy dan Coordinated Hydrography Survey Exercise (CHSE) yang nantinya dapat didiskusikan lebih lanjut pada kegiatan Navy to Navy Talk (NTNT) 2024.

RADM Jonathan Earley juga menyampaikan tentang rencana RAN untuk mengundang Kasal pada kegiatan Sea Power Symposium (SPC) di Australia yang akan dilaksanakan pada bulan November 2023 mendatang.

Kedua belah pihak juga sepakat untuk meningkatkan kompleksitas latihan Kakadu, New Horizon dan Cassoex pada tahun 2024 seperti cross deck crew/pertukaran personel. Pihak RAN juga menyampaikan ide untuk saling bertukar Taruna/perwira muda pada saat latihan tersebut dalam rangka peningkatan kepercayaan dan pemahaman bagi kedua belah pihak.

Pada kerjasama bidang pendidikan juga dibicarakan mengenai pengiriman 2 Taruna/Cadet Akademi Angkatan Laut (AAL) untuk mengikuti New Entry Officer Courses (NEOC) 74 di Royal Australian Navy College (RANC), Australia.

Pada kesempatan terpisah, Kasal Laksamana TNI Muhammad Ali menyampaikan bahwa dengan adanya kunjungan kerjasama dari Angkatan Laut negara sahabat mampu menjadi peluang di berbagai pengalaman dan pengetahuan terutama di bidang kemiliteran.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *