Press "Enter" to skip to content

Prajurit Satlinlamil Surabaya Berlatih Antisipasi Aksi Teror Di Laut

Social Media Share

JAKARTA, NP – Prajurit Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Surabaya melaksanakan latihan Visit Boarding Search And Seizure (VBSS) di Mako Satlinlamil Surabaya, Jawa Timur, Jumat (9/10). Latihan khusus tentang pemeriksaan tempur laut (Rikpurla) ini diikuti 110 prajurit dari unsur-unsur KRI dibawah Satlinlamil Surabaya.

Latihan yang telah berlangsung mulai tanggal 5 – 9 Oktober ini dipantau langsung Komandan Satlinlamil Surabaya, Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar saat praktek di sekitar Mako Satlinlamil Surabaya.

Latihan kali ini tidak dilaksanakan di medan sesungguhnya seperti di KRI, karena situasi masih wabah covid 19 yang membuat kegiatan-kegiatan latihan menjadi terbatas.

Namun hal tersebut tetap menunjukan semangat para prajurit untuk meningkatkan kualitas kemampuannya dalam berlatih dengan pedoman protokol kesehatan.

Kolonel Laut (P) Elmondo Samuel Sianipar mengatakan bahwa latihan ini bertujuan membina kemampuan dan profesionalisme prajurit Satlinlamil Surabaya dalam kerjasama dan ketanggapsegeraan dalam mengantisipasi situasi saat melaksanakan pemeriksaan di laut.

Lebih jauh dijelaskan, maksud dari latihan pemeriksaan tempur laut ini merupakan suatu kegiatan dalam usaha memantapkan ketrampilan, kemahiran dan kemampuan perorangan yang perlu dilaksanakan secara berlanjut.

Sedangkan tujuannya untuk meningkatkan kemampuan tim pemeriksa tempur laut (rikpurla) unsur-unsur Satlinlamil Surabaya dalam mendukung kesiapan operasional Kapal dalam menghadapi berbagai bentuk pelanggaran hukum, tindak kejahatan dan aksi terorisme dilaut serta segala kemungkinan kontijensi yang terjadi.

“Tingkatkan dan pelihara kemampuan, profesionalitas prajurit Satlinlamil Surabaya dalam bentuk kerja sama tim untuk melaksanakan pengejaran, penangkapan, pemeriksaan dan penyelidikan kapal sesuai prosedur dengan mengutamakan keamanan personel KRI”ujar Komandan Satlinlamil Surabaya.

Sementara itu Panglima Kolinlamil Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) dari Mako Kolinlamil berharap agar para prajurit Kolinlamil untuk selalu meningkatkan kesiapan diri untuk siaga mendukung unsur-unsur dimasing-masing satuannya dengan memberikan bantuan semaksimal mungkin yang diperlukan pada saat pelaksanaan tugas operasi.

“Sasaran dari latihan pemeriksaan tempur laut adalah untuk meningkatkan kemampuan prajurit dalam melaksanakan tugas operasi keamanan dan tempur dilaut, meningkatkan rasa percaya diri dan kerja sama tim Rikpurla dalam aksi Close Quarter Combat (CQC) sesuai prosedur serta terbentuknya naluri tempur (Combat Instinc) Prajurit. Tetap terapkan Zero Acident dalam latihan” tandas Panglima Kolinlamil.

Sementara itu materi praktek yang dilaksanakan adalah Ship Boarding, dengan instruktur dari Satuan Pasukan Katak Komando Armada RI II.

Ship boarding merupakan kemampuan cara memanjat di kapal yang menjadi keahlian personal maupun tim untuk melaksanakan penyelamatan dan pemeriksaan personel maupun dokumen yang ada di kapal pada saat pelaksanaan pemeriksaan tempur laut sesuai standar operasional. (Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan