Press "Enter" to skip to content

Pangkogasgabfib Paparkan Konsep Umum Operasi Pendaratan Amfibi

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Armada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Abdul Rasyid K, S.E., M.M., selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Amfibi (Pangkogasgabfib), memaparkan Konsep Umum Operasi dalam lanjutan E-Geladi Posko Latihan Armada Jaya XXXIX tahun 2021 di Makolat Kogasgabfib Gedung OB. Syaaf Mako Koarmada I, Jakarta Pusat. Kamis (17/6/21).

Memasuki hari keempat E-Geladi Posko Armada Jaya 2021, Pangkogasgabfib menyampaikan Konsep Umum Operasi Kogasgabfib yang telah disusun berdasarkan Cara Bertindak terpilih kepada Komandan Kodiklatal Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Pangkogab TNI melalui video conference.

Dalam kesempatan tersebut PangKogasgabfib menyampaikan tugas pokok Kogasgabfib hasil analisa tugas dari komado atas. Lebih lanjut dijelaskan tentang konsep maneuver Kogasgabfib dari pangkalan awal menuju daerah serbuan amfibi, dimana konsep maneuver ini merupakan cara bertindak terpilih dari beberapa cara bertindak terbaik yang telah dirumuskan melalui proses olah yudha.

Diikuti oleh komando tugas gabungan lainnya, paparan konsep umum operasi ini menjadi media sinkronisasi hubungan saling terkait antar operasi yang digelar pada Armada Jaya ke-39 tahun 2021 ini.

Usai paparan, Pangkogasgabfib memberikan penekanan kepada staf agar mencermati dinamika perkembangan situasi dalam bentuk informasi latihan serta melaksanakan koordinasi yang ketat dengan komando tugas lainnya, sehingga terjalin sinkronisasi antar komando tugas.

Selanjutnya konsep umum operasi ini tuangkan kedalam rencana garis besar dan rencana operasi sebagai sebuah doktrin dalam pelaksanaan operasi pada latihan Armada Jaya 2021.

Pada Latihan Armada Jaya ke-39 Tahun 2021, TNI AL akan melibatkan puluhan Alutsista yang telah lulus uji kelaikkan terdiri dari kapal perang, Pesawat Udara TNI AL dan Material Tempur Marinir serta melibatkan sekitar 7600 prajurit TNI AL dan Pangkalan TNI AL.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan