Press "Enter" to skip to content

Gelora Boat Race Didorong Jadi Lomba Balap Perahu Motor Nasional

Social Media Share

SUMBAWA, NP- Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia sukses menggelar ‘Gelora Boat Race 2022’ di Pantai Gelora, Sumbawa, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Minggu (13/11/2022).

Dalam siaran persnya,  Senin (14/11/2022) menyebutkan Gelora Boat Race 2022 ini, merupakan ajang balapan sampan atau perahu bermotor yang digelar untuk kedua kalinya, setelah even yang sama untuk pertama kalinya digelar pada 2021 lalu.

Pantai Gelora sendiri yang berada di Meno, Utan, Kabupaten Sumbawa, NTB akan diresmikan oleh Anis Matta selaku Ketua Umum Partai Gelora pada Senin, 23 November 2020.

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengatakan, ‘Gelora Race Boat 2022’ diikuti hampir 100 peserta dari seluruh wilayah pesisir di Kabupaten Sumbawa

“Tahun kedua ini minat pelomba makin besar, hampir seratus tim berasal dari seluruh wilayah pesisir di Kabupaten Sumbawa,” kata Fahri Hamzah.

Selaku inisiator ‘Gelora Boat Race’, Fahri mengatakan, balapan sampan ini merupakan pesta rakyat, sekaligus menyalurkan minat dan kegembiraan masyarakat.

“Balapan sampan ini pesta rakyat, diperlukan agar masyarakat dapat menyalurkan minat dan kegembiraannya,” ujar Fahri.

Karena itu, kata Fahri, dalam waktu dekat, ‘Gelora Boat Race’ akan diusulkan ke pemerintah untuk menjadi ajang balap sampan nasional.

Sebab, even balapan sampan ini juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan domestik maupun mancanegara ke tanah air.

“Dari Sumbawa, berikutnya kita berharap mengundang dari Kalimantan, Sulawesi, Bali, Pulau Lombok, NTT dan Ambon. Berikutnya lagi dari wilayah lain secara nasional,” katanya.

Wakil Ketua DPR Periode 2014-2019 ini mengatakan, tidak sulit untuk merealisasikan ide tersebut, karena daerah pesisir Indonesia memiliki tradisi sampan atau perahu yang telah mengakar.

“Balapan sampan ini tidak sulit direalisasikan, karena daerah pesisir Indonesia memiliki tradisi sampan atau perahu yang telah mengakar,” ujarnya.

Ketua DPD Partai Gelora Kabupaten Sumbawa Burhanudin Jafar Salam menambahkan, even ‘Gelora Race Boat 2022’ merupakan ajang kegiatan maritim terbesar di Sumbawa.

“Tahun 2021 hanya 39 peserta, tahun ini mencapai 84 peserta terbagi ke dalam dua kelas standar dan terbuka. Tercatat minimal 1.400 penonton memadati pantai saat hari final dilangsungkan,” kata Burhanuddin.

Menurut dia, even ‘Gelora Boat Race’ juga sekaligus untuk mengenalkan keberadaan Partai Gelora di Meno, Kabupaten Sumbawa, NTB ke tingkat nasional maupun mancanegara yang memiliki alam yang indah seperti di Bali dan Lombok.

“Jadi Pantai Gelora di Meno ini dibuka untuk umum pada hari-hari biasa. Selain berpasir putih untuk wisata pantai, wisatawan menyukai kegiatan menyelam dan berperahu, karena ombaknya tenang,” katanya.

Ketua Umum Partai Gelora Anis Matta mengungkapkan, Pantai Gelora juga menjadi tempat kolaborasi bagi semua orang untuk mengekspresikan mimpi-mimpinya yang akan membawa kemajuan Sumbawa, NTB, dan Indonesia.

Pengembangan Pantai Gelora sebagai tempat bercengkerama dan bergembira ini, lanjut Anis Matta, merupakan ide Fahri Hamzah, Wakil Ketua Umum Partai Gelora. Sebab, di tengah pandemi Covid-19 saat ini, yang diperlukan adalah menemukan peluang di tengah krisis.

“Kita sedang hidup di tengah krisis, kita fokus menemukan peluang seperti kata Pak Fahri Hamzah mengubah wajah pantai ini menjadi tempat bercengkerama dan tempat bergembira, begitu juga jika ingin mengubah Indonesia,” kata Anis Matta, Senin (23/11/2022) lalu.

“Jadi jika bicara laut dunia, kita hanya bicara tiga tempat wisata, yakni laut Mediterania, laut Karibia dan laut Indonesia. Luas laut Indonesia adalah luas laut Mediterania yang dinikmati banyak negara, tapi kita Indonesia sendirian. Karena itu, kita perlu mempertahankan kegembiraan kita di tengah krisis ini,” imbuhnya.(dito)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan