Press "Enter" to skip to content

Monumen Maritime Task Force HQ – UNIFIL Karya Prajurit TNI AL Sebagai Simbol Semangat Wujudkan Perdamaian Dunia

Social Media Share

JAKARTA, NP – Prajurit TNI Angkatan Laut (TNI AL), Sertu (SAA) Wiji Pamuji sukses sumbangkan karya terbaiknya pada Maritime Task Force (MTF) UNIFIL yaitu dengan membangun lambang MTF Monumen PACIS NAUTAE yang diresmikan oleh Rear Admiral (RADM) Michael Busse selaku MTF Commander, yang diikuti seluruh staf MTF UNIFIL bertempat di Camp Martin, UNIFIL HQ, Naqoura pada Kamis (01/06) lalu.

Sertu (SAA) Wiji Pamuji merupakan prajurit TNI AL yang saat ini berdinas sebagai Watchkeeper di Naval Operation Centre (NOC) MTF. Dalam kegiatan tersebut selain meresmikan berdirinya lambang MTF di pintu gerbang masuk markas MTF, Rear Admiral (RADM) Michael Busse selaku MTF Commander juga dilaksanakan pemberian penghargaan terhadap hasil karya Sertu Wiji.

Saat ini MTF bermarkas di Camp Martin, UNIFIL HQ, Naqoura dan mengambil alih peran “kapal markas” semenjak akhir 2020 saat Brazil menarik diri dari MTF UNIFIL.

RADM Busse dengan bangga menyampaikan apresiasi dan memberikan penghargaan kepada Sertu Wiji berupa koin dan plat besi yang dengan ukiran namanya sebagai orang yang berjasa membangun monumen tersebut. Ada yang unik dari peresmian monumen PACIS NAUTAE, RADM Busse menghadiahi Sertu Wiji sebuah pisau untuk menggantikan pisaunya yang patah saat proses mendirikan monumen.

RADM Busse juga menyampaikan kegembiraannya karena monumen ini akan menjadi kenang-kenangan sebelum beliau mengakhiri masa tugasnya di MTF pada akhir bulan Juni 2023. “Sampai tahun 2050 mungkin lebih, monumen PACIS NAUTAE ini akan menjadi saksi semangat para pelaut untuk mewujudkan perdamaian di wilayah maritim Lebanon, dan nama Wiji akan terus diingat”, pungkasnya.

Dalam penugasannya, TNI AL secara konsisten terus berkontribusi dengan mengirimkan Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) dan 4 orang staf darat di MTF HQ hingga saat ini. Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali selalu menekankan kepada seluruh prajurit Jalasena yang sedang melaksanakan tugas untuk bersungguh-sungguh dan memberikan yang terbaik dalam setiap tugas yang diamanahkan.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *