Press "Enter" to skip to content

Direktorat Litbang Bakamla RI Jajaki Kerja Sama dengan Lembaga Negara dan Universitas di Lampung Selatan

Social Media Share

LAMPUNG, NP – Direktorat Penelitian dan Pengembangan Badan Keamanan Laut (Ditlitbang Bakamla) RI tengah menjajaki kerja sama dengan dua Lembaga Negara dan satu Universitas di Lampung Selatan guna pengumpulan informasi kemaritiman di laut. Tim Direktorat Litbang dipimpin oleh Kasubdit Kerjasama Litbang Kolonel Bakamla Agus Haryanto, M.Han., melakukan kunjungan kerja selama empat hari (20-23) Juli 2020, Kamis (23/7/20).

Tiga tempat menjadi tujuan kunjungan kerja, masing-masing Kabupaten Lampung Selatan, Pangkalan TNI AL Lampung dan Universitas Lampung (Unila).

Dalam Kunjungan ke Kabupaten Lampung Selatan, Agus didampingi Kasubdit Monev Litbang Kolonel Bakamla Tuti Ida Halida dan Staf Litbang Letda Gogi Gautama Alhadiid, disambut hangat oleh Sekda Kabupaten Lampung Selatan Thamrin , S.Sos., M.M., Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Supriyanto, S.Sos, M.M., Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Syahlani, S.H., M.H., dan pejabat lainnya.

Agus menjelaskan maksud dari Kunjungan kerja ke Kabupaten Lampung Selatan adalah untuk menjajaki kemungkinan kerja sama dengan Pemkab Lampung Selatan khususnya dalam pengembangan potensi laut yang dimiliki Kabupaten Lampung Selatan dimana sebagai salah satu choke point kapal-kapal yang akan memasuki wilayah perairan Indonesia serta termasuk dalam wilayah ALKI I.

Tim Direktorat Penelitian dan Pengembangan kemudian melanjutkan kunjungan ke Pangkalan TNI AL Lampung yang diterima oleh Pasintel Mayor Laut (E) Sudirman, Pasminlog Mayor Laut (T) Agus Triyono, Pasiop Kapten Laut Heri, dan Kasatbeg Lanal Lampung Lettu Laut Samsul. Kunjungan tim Litbang ke Pangkalan TNI AL Lampung juga bermaksud untuk menjajaki kemungkinan kerjasama dengan Lanal Lampung dalam hal Keamanan dan Keselamatan Laut serta tindak pelanggaran seperti penggunaan bom ikan di daerah perairan Lampung.

Sedangkan dalam kunjungannya ke Universitas Lampung, tim Litbang diterima oleh Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Hasriadi Mat Akin, M.P., beserta Wakil Rektor I, II dan IV serta Kepala Jurusan dan Ketua LP2M. Pada pertemuan tersebut, Kolonel Bakamla Agus Haryanto, M.Han., mengutarakan keinginan adanya kerja sama antara Bakamla RI dan Unila dalam hal penelitian. Pertemuan berjalan penuh dengan keakrapan hingga dibahas pula tentang beberapa usulan PKS dan MoU untuk UAV/Drone, kerjasama dalam praktek magang mahasiswa, serta pelestarian lingkungan.(rls)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan