Press "Enter" to skip to content

Unhan Gelar Upacara Pemberangkatkan Kadet Mahasiswa S1 Unhan Diksarmil di Akmil Magelang

Social Media Share

BOGOR, NP – Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., DESD diwakili oleh Wakil Rektor II Bid Umum dan Keuangan Unhan Mayjen TNI Lasmono, M.Si (Han) sebagai irup pada upacara pemberangkan 242 orang Kadet Mahasiswa S1 Unhan dari seluruh Indonesia melaksanakan Pendidikan Dasar Militer (Diksarmil) yang akan dilaksanakan selama satu bulan terhitung mulai tanggal 20 s.d 23 Agustus 2020, pendidikan Diksarmil akan dilaksanakan di Akademi Militer (AKMIL) Magelang Jawa Tengah. (20/7).

Sebanyak 242 orang kadet Mahasiswa terdiri dari Fakultas Kedokteran Militer Prodi Sarjana Pendidikan Kedokteran, Fakultas Farmasi Militer prodi Sarjana Ilmu Farmasi, Fakultas MIPA Militer prodi Sarjana Biologi, prodi Sarjana Kimia, prodi Sarjana Fisika, prodi Sarjana Matematika, serta Fakultas Teknik Militer prodi Sarjana Teknik Informatika, prodi Sarjana Teknik Konstruksi Bangunan Militer, prodi Sarjana Teknik Elektro, prodi Sarjana Teknik Mesin.

Dalam sambutan Rektor Unhan yang dibacakan oleh Warek II Unhan disampaikan bahwa beberapa saat yang lalu para Kadet mahasiswa telah melaksanakan proses seleksi dalam keadaan tertib, aman dan lancar. Meskipun sudah dinyatakan lulus, tetapi proses pendidikan yang akan dilaksanakan masih berlangsung dalam kurun waktu yang panjang dan akan ada lagi tantangan kedepan.

Para Kadet Mahasiswa adalah aset bangsa tak ternilai karena ada semangat selalu menyala untuk membangun bangsa dan negara kesatuan republik indonesia.

Foto: Upacara Pemberangkatkan Kadet Mahasiswa S1 Unhan Diksarmil di Akmil Magelang.(ist)

Manifestasi, ekspresi kemampuan dan kompetisi serta kualitas dalam menempuh pembelajaran di lapangan secara tidak langsung akan memberikan gambaran tentang nama baik dan kualitas almamater Unhan, Unhan merupakan kampus bela negara yang mencetak kader-kader intelektual bela negara yang berlandaskan identitas, nasionalisme dan integritas. Oleh karena itu, jaga nama baik almamater Unhan.

Saat ini Kadet Mahasiswa sudah resmi sebagai civitas akademi Universitas Pertahahan, pada diri Kadet Mahasiswa dipandang telah memiliki kemampuan dan semangat untuk menyelesaikan pendidikan sesuai dengan latar belakang masing-masing dalam mengabdikan diri dan mengamalkan demi untuk kepentingan pembangunan bangsa dan negara Indonesia.

Rektor Unhan berharap para Kadet Mahasiswa Universitas Pertahanan dimasa depan akan tampil menjadi pemimpin dan inovator dalam setiap lini pengabdian hal ini sesuai dengan visi dan misi Universitas Pertahanan.

Kegiatan Diksarmil di Akmil Magelang ini untuk membentuk sikap dan kedisiplinan bagi para calon kadet mahasiswa S1 Unhan. Kadet Mahasiswa Program S1 Unhan selama satu bulan di Akademi Militer Magelang akan diberi pelatihan baik fisik, mental dan ideologi dalam tradisi Candradimuka, dengan harapan para Kadet Mahasiswa S1 Unhan memiliki kualitas dan kapabilitas yang tangguh, tanggap, tanggon dan trengginas menjadi Kader Intelektual Bela Negara serta memiliki pengetahuan yang mumpuni sesuai prodi yang dipelajari dalam perkuliahan di Unhan.

Pendidikan Diksarmil rencananya akan dibuka oleh Wakil Menteri Pertahanan Ir. Sakti Wahyu Trenggono, M.M pada tanggal 23 Agustus 2020 di Akmil Magelang, pemberangkatan Kadet Mahasiswa S1 Unhan ke Akmil Magelang dipimpin oleh Ketua TIM Diksarmil Warek III Bid. Kerjasama dan Kelembagaan Unhan Mayjen TNI Dr. Hipdizah, S.Adm., M.Si, yang didampingi oleh Kasatwas Unhan Mayjen TNI Fauzambi Syahrul Multhazar, Koordinator Kegiatan Dosen Tetap Prodi SPS Fakultas Strategi Pertahanan Unhan Brigjen TNI Agus Winarna, S.I.P., M.Si., M.Tr (Han), serta beberapa pejabat Unhan.

Pelaksanaan Diksarmil yang akan berlangsung selama satu bulan tetap memperhatikan protokol kesehatan, 242 kadet mahasiswa juga telah melewati berbagai proses seleksi, termasuk test kesehatan.(rls)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan