Press "Enter" to skip to content

TNI AL KRI STS-376 Menangkap Tangan KIA Vietnam di Perairan Indonesia

Social Media Share
JAKARTA, NP – Koarmada I, KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376 Unsur BKO Gugus Tempur Laut (Guspurla) Koarmada I Menangkap Tangan Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam sedang menangkap ikan di dalam Landas Kontinen Perairan Indonesia, Minggu (19/6/2022)
KRI Sultan Thaha Syaifuddin-376 sedang Patroli BKO Guspurla Koarmada I, mendapati kontak radar pada posisi 06 30.115 U – 107 35.845 T (dalam LKI), dan menangkap tangan KIA tersebut sedang menangkap ikan di dalam Landas Kontinen Perairan Indonesia,dengan keterangan Nama Kapal BV 5119 TS, Bendera  Vietnam dengan Nahkoda Tra Van Huyen Jumlah ABK 9 orang dari KIA tersebut membawa muatan Ikan +/- 5 ton.

Berdasarkan pemeriksaan Kapal Ikan Asing (KIA) Tertangkap tangan sedang menangkap ikan di dalam Landas Kontinen Perairan Indonesia. Pada saat melaksanakan pemeriksaan dishadowing oleh kapal pengawas perikanan vietnam Kiem Ngu 268 namun giat pemeriksaan sampai dengan pengawalan berjalan lancar dan aman.

Saat ini kapal ikan asing Vietnam tersebut telah berada di Sabang Mawang Lanal Ranai guna proses lebih lanjut

Menanggapi kejadian tersebut, Panglima Koarmada I (Pangkoarmada I) Laksamana Muda TNI Arsyad Abdullah secara terpisah mengatakan “Dalam melaksanakan tugas penegakan kedaulatan dan hukum serta menjaga keamanan dan keselamatan di laut, TNI Angkatan laut senantiasa melakukan secara profesional dan proporsional”

Dikatakan lebih lanjut bahwa komitmen TNI AL sudah sangat jelas dan tegas, tidak ada kompromi dengan segala bentuk upaya yang mengancam kedaulatan termasuk tindak pidana dan pelanggaran di Laut.

“Dengan Menangkap Tangan Kapal Ikan Asing (KIA) Vietnam sedang menangkap ikan di dalam Landas Kontinen Perairan Indonesia, merupakan salah satu bentuk kehadiran TNI Angkatan Laut melakukan Patroli guna mencegah segala bentuk pelanggaran sesuai dengan komitmen Kepala Staf TNI Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono” pungkasnya. (Dispen Koarmada I)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *