Press "Enter" to skip to content

Penuh Keakraban, Panglima Kolinlamil Terima Kunjungan Perwira Angkatan Laut Pakistan

Social Media Share

JAKARTA, NP – Di sela-sela tugasnya, Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Agus Hariadi berkesempatan menerima kunjungan kehormatan (courtesy call) Perwira Angkatan Laut Pakistan yang dipimpin oleh Mission Commander, Commodore Faisal Javeed Sheikh di gedung Laut Nusantara, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (23/11). Kedatangan delegasi AL Pakistan di Jakarta dengan menggunakan kapal perang Pakistan Navy Ship (PNS) Shamsheer (F252) dan PNS Nasr (A47). PNS Shamsheer (F252) adalah kapal perang jenis frigate buatan Hudong-Zhonghua Shipyard Co. in China dan mulai bertugas sejak Desember 2009, sedangkan PNS Nasr (A47) adalah kapal tanker pengisian ulang Tipe 905 yang dibangun di Republik Rakyat Tiongkok oleh Dalian Shipbuilding Industry Compani dan mulai beroperasi sejak Agustus tahun 1987.

Mengawali pertemuan tersebut, Panglima Kolinlamil mengucapkan selamat datang dan suatu kehormatan bagi Kolinlamil menerima kunjungan kehormatan dari Angkatan Laut Pakistan. Dengan kunjungan ini diharapkan hubungan bilateral TNI AL dan Pakistan Navy menjadi semakin erat dalam berbagai bidang khususnya dalam bidang operasi dan latihan serta maritime security mengingat antara Indonesia dan Pakistan memiliki sejarah yang panjang. Sekilas, Panglima Kolinlamil menyampaikan tentang situasi perairan Indonesia yang sangat luas dengan beberapa choke point di dalamnya. Hal tersebut merupakan tantangan tersendiri bagi TNI AL untuk mewujudkan keamanan perairan yurisdiksi nasional.

Selaku pimpinan delegasi Angkatan Laut Pakistan, Commodore Faisal Javeed Sheikh menyampaikan terima kasih atas sambutannya yang sangat ramah dimana hal tersebut menunjukkan adanya hubungan kerja sama TNI AL dan Pakistan Navy yang telah terjalin erat selama ini. Baginya, ini adalah kunjungan ketiganya di Indonesia. Salah satu kunjungannya yang sangat berkesan ketika turut serta dalam misi kemanusiaan pasca tragedi Tsunami Aceh tahun 2004. Commodore Faisal Javeed Sheikh berharap kerja sama TNI AL dan Pakistan Navy dapat semakin erat dan kedua belah pihak dapat saling bertukar pengalaman dan berbagi pengetahuan ataupun kemampuan melalui berbagai latihan serta berbagi informasi untuk mewujudkan maritime security diantaranya melalui Join Maritime Information Coordination Center dalam misi Maritime Security Collaboration. Selesai melaksanakan port visit di Jakarta kedua kapal perang Pakistan tersebut akan kembali ke home base.

Courtesy call pejabat Angkatan Laut merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam upaya untuk meningkatkan hubungan kerja sama antar Angkatan Laut negara-negara sahabat. Demikian halnya dengan komitmen dari Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono untuk terus meningkatkan kerja sama antar Angkatan Laut dalam berbagai pihak khususnya dalam bidang operasi, latihan dan pertukaran Perwira dalam bidang pendidikan. Kesemuanya itu bertujuan untuk membangun sumber daya manusia TNI AL yang unggul dan profesional guna meraih kejayaan maritim. (Dispen Kolinlamil)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan