Press "Enter" to skip to content

Netralitas TNI Dalam Pemilu, Komitmen Yang Jelas Dan Tidak Bisa Ditawar-Tawar

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. memimpin jalannya Upacara Bendera tanggal 17 yang secara rutin dilaksanakan dan diikuti seluruh prajurit beserta PNS Kolinlamil dengan mengambil tempat di Lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (17/10). Bertindak sebagai Inspektur Upacara, Panglima Kolinlamil membacakan amanat Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono yang isinya menekankan kembali kepada seluruh jajaran TNI untuk bersikap netral dalam pesta demokrasi.

Netralitas TNI adalah sebuah komitmen yang jelas dan tidak bisa ditawar-tawar. TNI harus netral karena TNI memegang peranan penting dalam menjaga stabilitas politik dan keamanan nasional. Sebagai salah satu pilar utama dalam pertahanan negara, TNI memiliki tanggung jawab yang besar dalam menjamin tahapan pemilu 2024 dapat berjalan dengan damai dan sejuk.

Dalam amanatnya, Panglima TNI mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas kesuksesan seluruh rangkaian kegiatan peringatan Hari Ulang Tahun ke-78 Tentara Nasional Indonesia yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran TNI. Laksamana Yudo juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh satuan atau instansi yang terlibat dalam latihan Asean Solidarity Exercise (ASEX-01N), pengamanan KTT ASEAN di Labuan Bajo dan Jakarta serta pengamanan KTT Negara-Negara Pulau dan Kepulauan atau KTT AIS Forum 2023 yang baru saja dilaksanakan di Bali beberapa waktu yang lalu. Hal tersebut tidak terlepas dari kerja keras dan sinergitas yang baik dengan instansi yang terlibat. Sekali lagi, TNI telah mampu menjawab amanah rakyat tersebut.

Sebelum mengakhiri amanatnya, Panglima Kolinlamil menyampaikan beberapa hal yang menjadi penekanan Panglima TNI yaitu selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan YME; pegang teguh Sapta Marga, Sumpah Prajurit, Delapan Wajib TNI sebagai landasan pada setiap pelaksanaan tugas; laksanakan komitmen netralitas TNI; ikuti peraturan, pedoman, dan perintah yang telah diberikan terkait cara bersikap dan bertindak dalam tahapan Pemilu; dan jaga soliditas serta kekompakan dalam menghadapi berbagai tantangan tugas ke depannya. (Dispen Kolinlamil)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *