Press "Enter" to skip to content

Lomba Tembak Kasal Cup 2023, Implementasi Pembangunan TNI AL dalam Mewujudkan Prajurit yang Unggul

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Lintas Laut Militer Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. mengikuti ajang Lomba Tembak Kasal Cup tahun 2023 yang berlangsung di lapangan tembak Jusman Puger, Ksatrian Marinir Hartono, Cilandak, Jakarta Selatan, Jumat (13/10) Kegiatan lomba tembak Kasal Cup 2023 ini dibuka secara resmi oleh Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali. Beberapa tamu istimewa turut dihadiri seperti Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Pengamat Bidang Militer Connie Rahakundini Bakrie, Ketua Umum Perbakin Letjen TNI (Purn) Joni Supriyanto dan Anggota I Badan Pemeriksa Keuangan Nyoman Adhi Suryadnyana.

Lomba tembak Kasal Cup tahun 2023 digolongkan dalam beberapa kategori yaitu tembak pistol dan tembak laras panjang atau senapan. Untuk kategori pistol meliputi Executive Perwira Tinggi (Pati) 20 meter perorangan, Pati optic dan non optic, duel plat Pati 20 meter, Executive Perwira Menengah (Pamen) 20 meter perorangan dan beregu TNI/Polri, sedangkan kategori tembak senapan meliputi 100 meter perorangan dan beregu TNI/Polri dengan tiga sikap. Dilombakan juga nomor tembak reaksi International Practical Shooting Confederation (IPSC) meliputi handgun terdiri dari production, production optic, standard dan open, serta pistol caliber carbine (PCC) optic.

Kasal dalam sambutannya menyampaikan bahwa kemampuan menembak merupakan salah satu core competency (kemampuan dasar) bagi setiap prajurit sehingga kemampuan ini harus terus dipelihara dan ditingkatkan. Diharapkan dengan kompleksitas peperangan modern yang penuh dengan friksi dan menuntut kecepatan respon, maka diperlukan kemampuan tempur prajurit yang handal. Oleh sebab itu, diperlukan berbagai upaya guna mengasah kemampuan tempur prajurit baik dalam aspek psikomotorik, kognitif maupun afektif, salah satunya dengan meningkatkan profisiensi (kemahiran) dalam kemampuan menembak.

Sebelum mengakhiri sambutannya Kasal menekankan bahwa kejuaraan Kasal Cup 2023 di samping sebagai upaya pembinaan prestasi juga menjadi salah satu pilar pembangunan TNI Angkatan Laut yang mengedepankan prinsip people first atau mengutamakan sumber daya manusia guna mewujudkan prajurit yang unggul dan profesional. “Lomba Tembak Kasal Cup 2023 merupakan komitmen TNI AL dalam memberikan ruang untuk berkompetisi, serta untuk mendapatkan olahragawan yang unggul. Diharapkan nantinya akan lahir talenta baru menembak yang unggul dan kompeten dari kalangan prajurit TNI dan Polri dan nantinya dapat diikutkan untuk bertanding dalam berbagai kejuaraan baik di tingkat daerah, nasional maupun internasional.” pungkasnya. (Dispen Kolinlamil)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *