Press "Enter" to skip to content

Panglima Kolinlamil Hadiri Upacara Tabur Bunga DI KRI Semarang 594

Social Media Share

JAKARTA, NP – Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) menghadiri upacara tabur bunga memperingati Hari Pahlawan di Geladak KRI Semarang 594 yang sandar di Dermaga JICT II, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (10/11).

Upacara yang diikuti Wakil Kepala Staf Angkatan Laut Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Panglima Koarmada I, Kapushidrosal, Komandan Lantamal III Jakarta, perwakilan pejabat TNI AD, pejabat TNI AU, pejabat Kementerian Sosial dan perwakilan pemerintah Kota Jakarta Utara.

Upacara tabur bunga kali ini dipimpin ketua DPR Puan Maharani. Berbeda dengan tahun sebelumnya yang melakukan lintas batas, ada sosialisasi, penyuluhan, kali ini hanya sebatas upacara dengan protokol kesehatan ketat.

Pada tahun sebelumnya, upacara tabur bunga dilakukan dengan berlayar ke tengah laut. Namun karena tahun ini masih mewabah pandemi covid 19 tabur bunga hanya di Dermaga.

Dalam peringatan tahun ini, mengangkat tema “Pahlawanku Sepanjang Masa”. Tujuannya adalah menyatakan dalam mengingat jasa pahlawan tidak hanya ketika peringatan Hari Pahlawan 10 November saja.

Sementara pasukan upacara terdiri dari 1 unit korsik Lantamal III Jakarta, 1 peleton gabungan Pamen, 1 peleton Tamtama dari Koarmada I, Kolinlamil dan Lantamal III, 1 peleton prajurit Yonmarhanlan III, 1 peleton Polri serta 1 peleton TNI AD.

Disalah satu sesi upacara, seluruh peserta upacara memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dengan mengheningkan cipta bersama yang diiringi lagu penghormatan.

Usai mengheningkan cipta kegiatan dilanjutkan dengan pelarungan karangan bunga oleh Inspektur Upacara sebagai simbol penghormatan dan penghargaan kepada arwah para pahlawan pejuang bangsa yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia. Yang dilanjutkan secara bergantian oleh para pejabat yang hadir termasuk Panglima Kolinlamil.

Dipastikannya, berbagai kegiatan terkait peringatan hari pahlawan digelar secara virtual dan disiarkan. Mengingat pandemi Covid-19 masih mengancam.(Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan