Press "Enter" to skip to content

Satu Kata Untuk Satgas KJK 2023 Di Skotlandia “Spectaculer”

Social Media Share

JAKARTA, NP – Satu kata yang pantas diberikan untuk seluruh prajurit yang tergabung dalam Satuan Tugas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa Kartika Jala Krida 2023 (Satgas KJK 2023) selama di Aberdeen, Scotland yakni “Spectacular”. Hal ini disampaikan langsung oleh Ian Yuill selaku Local Councillor of Aberdeen pada saat sambutannya pada Dinner Reception di Aberdeen Town House, Skotlandia pada Minggu (23/07) kemarin.

Lebih lanjut Local Councillor of Aberdeen menyampaikan rasa bangganya karena pertama kalinya semenjak tahun 1997 kota Aberdeen tidak kedatangan kapal layar tiang tinggi. Namun pada event Tall Ship Race 2023 tahun ini merupakan tahun yang spesial karena hadirnya 3 kapal layar tiang tinggi yakni KRI Bima Suci, Stradaad Lemkuhl dan Atlantica di Port of Regent Quay, Aberdeen selama beberapa hari. Ian Yuill menyampaikan rasa terima kasih yang sangat luar biasa akan hadirnya KRI Bima Suci di kota Aberdeen kepada Komandan KRI Bima Suci Letkol Laut (P) M. Sati Lubis.

“Terima kasih telah memilih Aberdeen sebagai kota singgah selama pagelaran Tall Ship Race 2023 berlangsung. Khususnya dengan kehadiran seluruh prajurit KRI Bima Suci dalam menampilkan berbagai keseniannya di acara Crew Party dan penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan ke-70 di Central Garden Aberdeen yang menjadi highlight seluruh warga kota Aberdeen”, jelas Ian Yuill.

Komandan KRI Bima Suci juga menyampaikan rasa terima kasihnya atas dukungan serta keramahan yang diberikan kota Aberdeen kepada KRI Bima Suci selama sandar. “Ini adalah cermin tingginya minat masyarakat internasional terhadap budaya Indonesia, kita bangga misi Bima Suci sebagai Satgas Misi Pelayaran Diplomasi dan Duta Bangsa untuk mempromosikan Indonesia dan menjalin hubungan persaudaraan dapat terus tercipta”, jelas Letkol Laut (P) M. Sati Lubis.

Penampilan prajurit KRI Bima Suci selama sandar berhasil membuat semua mata warga kota tersebut tertuju pada keunikan Indonesia. Para masyarakat sekitar juga disuguhi berbagai kesenian yang ditampilkan oleh para prajurit KRI Bima Suci dari berbagai daerah di Nusantara di Indonesia seperti dari Sumatra Barat, Bali, Jawa Barat, Jawa Tengah pada event Crew Party di Beach Ballroom.

Tidak hanya itu, penampilan Genderang Suling Gita Jala Taruna AAL angkatan ke-70 Satlat KJK 2023 mampu menghipnotis masyarakat yang hadir dengan penampilannya yang luar biasa heboh. Hal ini lagi-lagi membuat kehadiran KRI Bima Suci yang dalam rangka pelayaran misi diplomasi dan duta bangsa Kartika Jala Krida 2023 berhasil menyuguhkan diaspora Indonesia di kota/negara yang disinggahinya.

Pelaksanaan kegiatan ini menjadi penekanan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali bahwa peran serta TNI AL dalam pelayaran muhibah diplomasi merupakan implementasi dari cita-cita bangsa Indonesia untuk menciptakan persahabatan dan memperkenalkan budaya kepada dunia. “Maka dari itu para prajurit yang ditugaskan harus bangga karena merupakan bagian dari kepercayaan yang diberikan oleh negara”, tegas Kasal.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *