Press "Enter" to skip to content

Tumbuhkan Rasa Cinta Tanah Air dan Laut, Ratusan Pelajar Yayasan Hang Tuah Ikuti Pelayaran Pembinaan Karakter Bangsa

Social Media Share

JAKARTA, NP – Salah satu KRI jajaran Komando Lintas Laut Militer yaitu KRI Teluk Palu-523 membawa 529 pelajar dari SMP Yayasan Hang Tuah Jakarta dari Jakarta menuju Lampung dalam rangka mengikuti Pelayaran Pembinaan Karakter Bangsa (PPKB) VI tahun 2023. Keberangkatan mereka dilepas oleh Kepala Staf Kolinlamil Laksma TNI Mochammad Riza beserta sejumlah pejabat utama dan Kasatker Kolinlamil dari dermaga beaching plate, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (11/10). Direncanakan KRI Teluk Palu-523 akan berlayar atau lintas laut menuju Pantai Caligi, Lampung.

Sebelum bertolak menuju Lampung, dilaksanakan upacara pelepasan yang dipimpin oleh Wakil Asisten Potensi Maritim Kasal Laksma TNI Deny Septiana dalam hal ini mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Muhammad Ali yang berlangsung di lapangan Moeljono Silam, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Kasal dalam sambutannya yang dibacakan oleh Waaspotmar Kasal menyampaikan, konsep pembelajaran di sekolah bukanlah satu-satunya bekal bagi siswa untuk terjun ke tengah masyarakat setelah menyelesaikan studinya nanti. Salah satu alternatif yang perlu dipahami adalah mencari, melihat dan menambah wawasan dengan jalan melihat serta merasakan langsung ke tempat yang menjadi ranah tambahan ilmu pengetahuan sehingga siswa dapat membandingkan teori kebaharian di sekolah dengan dunia nyata.

Pelayaran Pembinaan Karakter Bangsa (PPKB) merupakan kegiatan dalam rangka pembinaan generasi muda untuk meningkatkan wawasan bela negara guna menumbuhkan rasa cinta tanah air, kepemimpinan, kebersamaan, kerja sama, kejujuran, dan kedisiplinan. Kegiatan PPKB memberi kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan minat, bakat dan pengetahuannya di bidang kebaharian secara langsung sehingga tumbuh rasa mencintai laut, dan juga sebagai kelanjutan program Implementasi Kurikulum Longitudinal Kebaharian yang telah diberikan TNI AL kepada Yayasan Hang Tuah.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Edwin, S.H., M.Han., M.H. melalui Kepala Staf Kolinlamil menyampaikan pesannya kepada Komandan KRI Teluk Palu-523 Letkol Laut (P) Siswandony agar selama pelayaran seluruh prajurit KRI TLU-523 mempunyai tugas dan tanggung jawab yang tidak ringan untuk membantu mengawasi pelajar SMP Yayasan Hang Tuah yang on board sekaligus memberikan pemahaman dan pengetahuan tentang kehidupan di dalam Kapal Perang. Zero accident adalah hal mutlak yang harus dicapai. (Pen)

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *