Press "Enter" to skip to content

Satu-satunya di Dunia! Anggota Parlemen Menjabat Selama 7 Periode Berturut-turut

Social Media Share

JAKARTA, NP- Agun Gunandjar Sudarsa, Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar dinobatkan sebagai satu-satunya anggota parlemen di dunia yang menjadi anggota parlemen atau anggota DPR selama tujuh periode berturut-turut.

Agun yang kini terpilih kembali sebagai anggota DPR RI periode 2024-2029 pertama kali menjabat sebagai anggota DPR RI sejak 1997 dan tidak pernah pindah dari Partai Golkar hingga saat ini.

“Saya juga kaget, Profesor Jaya Suprana menyatakan bahwa piagam mulia yang saya (Jaya Suprana) berikan ini, saya (Jaya Suprana) sengaja riset dan ternyata yang namanya anggota DPR RI terpilih secara berkesinambungan selama 7 periode, itu di dunia hanya Agun,” ungkap Agun Gunandjar Sudarsa disela-sela peluncuran bukunya ‘Good Political Party Governance (Tata Kelola Partai Politik yang Amanah)’ di Gedung Nusantara IV, Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (26/10/2024).

Untuk diketahui, Museum Rekor Indonesia (MURI) pimpinan Jaya Suprana mencatat nama Agun Gunanjar Sudarsa sebagai satu-satunya Anggota DPR RI di dunia yang selama tujuh periode secara berkesinambungan atau berturut-turut duduk di kursi parlemen.

Capaian tersebut diraih Agun sejak tahun 1997-1999, 1999-2004, 2004-2009, 2009-2014, 2014-2019, dan 2019-2024. 2024-2029. Selama tujuh periode sebagai legislator di Senayan.

Menurut Agun, menjadi anggota DPR RI secara berkesinambungan selama tuhuh periode berturut-turut tidak pernah dirancang atau dipikirkan dalam benaknya. Ia mengaku cita-citanya menjadi politisi mengalir begitu saja dengan modal kebaikan.

“Karena saya yakin suatu yang baik akan berbuah kebaikan dan keyakinan itu bersumber dari Sang Khalik, Allah Subhanallahu Wata’ala. Sang penguasa alam semesta,” ujarnya.

Agun mengaku peluncuran buku juga sekaligus sebagai tasyakuran atas ungkapan sykur dirinya kepada Allah Tuhan pencipta alam yang memberinya arah kebaikan. “Jadi kalau kita yakin dan percaya, ya… sudah itu saja yang dilakukan. Persoalan jadi 7 kali atau menjadi pejabat, itu kita tidak bisa menentukan. Yang menentukan Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

“Jadi saya tidak pernah bermimpikan itu. Saya juga baru tahu pada hari ini. jadi kalau ada yang tanyakan kegiatan ini lebih kepada bentuk syukur. Yaitu bentuk syukur saya atas segala nikmat, rahmat dan karunia yang telah diberikan Allah,” tegas Agun.(har)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *