Press "Enter" to skip to content

Perwira Siswa Sesko TNI AL Berhasil Masuki Wilayah Militer Negara Asing

Social Media Share

JAKARTA, NP – Sejumlah Perwira Siswa Seskoal yang dipimpin oleh Pati TNI AL, kedapatan memasuki wilayah militer negara asing. Pangkalan militer yang dimasuki tersebut adalah Pusat Pengajian Pertahanan Nasional (Puspahanas) yang berlokasi di Putrajaya-Malaysia. Sedangkan satu lokasi pangkalan militer lainnya adalah Changi Naval Base, yang berlokasi di Singapura.

Pada hari ini, Rabu (29 Mei 2024), sejumlah Perwira (Pasis) Seskoal melaksanakan KKLN dengan agenda yang telah ditetapkan sebelumnya. Kegiatan KKLN (Kuliah Kerja Luar negeri) Pasis Seskoal ini pada pelaksanaannya terbagi menjadi dua kelompok tujuan. Kelompok pertama dengan tujuan Malaysia, hari ini melaksanakan studi ke Pusat Pengajian Pertahanan Nasional (Puspahanas) yang berlokasi di Putrajaya-Malaysia. Saat tiba di Puspahanas, rombongan yang dipimpin oleh Komandan Seskoal, Laksamana Muda TNI Fauzi, SE., MM., M.Han disambut jajar kehormatan dan diterima oleh Presiden Puspahanas, Laksamana Madya Datuk Sabri bin Zali.

Sedangkan kelompok kedua dengan tujuan Singapura, hari ini melaksanakan studi ke Changi Naval Base dan dilanjutkan dengan courtesy call ke MTDC RSN. Rombongan yang dipimpin oleh Kakordos Seskoal, Laksamana Pertama TNI Bram Rusman Namin, M.Tr.Opsla ini diterima oleh Col. Rinson Chua selaku Commander Maritime Training and Doctrine Command (MTDC), Singapura.

Seperti diberitakan sebelumnya bahwa, kegiatan studi luar negeri atau yang biasa disebut KKLN ini bertujuan agar Pasis Dikreg Seskoal memperoleh wawasan yang lebih luas mengenai ilmu pengetahuan kemiliteran, ketatanegaraan, serta kultur yang ada di negara yang dikunjungi. Selain itu, kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat Net Working kedua Negara, khususnya dalam hal Join Patrol dan Coast Guard. Dalam kesempatan tersebut, Komandan seskoal berharap agar para pasis dapat menyerap ilmu yang diperolehnya saat ini, agar dapat didiskusikan dan dibuat kajian setibanya di Seskoal, guna mendukung riset dan proses pembelajaran.

“Saya harapkan agar Para Pasis dapat menyerap ilmu yang diperolehnya saat ini”, ujar Danseskoal disela-sela pelaksanaan studi kali ini. Selanjutnya Para Pasis dijadwalkan akan tiba di tanah air pada tanggal 30 Mei 2024, untuk kembali melaksanakan kegiatan perkuliahan sesuai dengan kalender pendidikan yang telah ditetapkan.(Pen)

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *