Press "Enter" to skip to content

Apresiasi Periset, Inovator, dan inventor, BRIN Gelar InaRI Expo 2022

Social Media Share

CIBINONG, NP – Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) akan menghadirkan Indonesia Research and Innovation Expo atau disingkat dengan InaRI Expo 2022 yang akan berlangsung mulai 27 – 30 Oktober 2022 di Gedung ICC, Cibinong Science Center, Jawa Barat. InaRI Expo 2022 merupakan event tahunan sebagai ruang ekspresi dan apresiasi bagi para periset, inovator, dan inventor yang telah memberikan kontribusi bagi masyarakat dan negara.
Tahun ini InaRI Expo 2022 mengusung tema “Digital, Blue, & Green Economy: Riset dan Inovasi untuk Kedaulatan Pangan dan Energi”. Melalui tema ini, BRIN ingin mendorong kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperkuat ekosistem riset dan inovasi guna mewujudkan ekonomi yang berbasis digital, berwawasan lingkungan, dan memanfaatkan sumber daya alam yang dimiliki Indonesia.
Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko mengatakan, kegiatan semacam ini sudah rutin dilaksanakan oleh masing-masing Kementerian/Lembaga sebelum terintegrasi ke dalam BRIN. “InaRIi Expo ini sebenarnya merupakan reinkarnasi dari kegiatan expo yang sebelumnya telah dilakukan oleh beberapa LPNK, dan sekarang diintegrasikan sehingga menjadi lebih besar dengan gaung yang lebih besar pula serta lebih menarik untuk publik,” ujar Handoko.
Dia menjelaskan, kegiatan ini menjadi bagian dari Presidensi G20 Indonesia 2022, dimana BRIN berperan sebagai pengampu kegiatan Research and Innovation Initiative Gathering (RIIG) dan Space 20. Oleh karenanya InaRI Expo 2022 diharapkan menjadi etalase kemajuan riset dan inovasi teknologi di Indonesia, khususnya terkait tema tersebut, serta menjadi katalis yang tidak hanya mempromosikan, namun juga menginisiasi kerjasama dengan berbagai pihak, baik itu nasional maupun internasional, termasuk pihak industri.
“Karena itu, melalui InaRI Expo 2022, BRIN juga mengajak seluruh periset dan inovator dari berbagai lembaga untuk berbagi kesuksesan yang menginspirasi para periset dan inovator generasi berikutnya,” tambahnya.
Handoko berharap, dengan adanya perhelatan InaRI Expo 2022 ini, akan semakin mendorong para periset Indonesia untuk meraih prestasi yang lebih tinggi lagi. Begitu pun dengan para kreator-kreator di bidang teknologi untuk terus mengasah kemampuannya dalam menghasilkan produk-produk baru.
Ketua Pelaksana InaRI Expo 2022 Irwadhi Marzuki mengatakan, sedikitnya ada sekitar 239 peserta yang akan berpameran. Adapun dari 239 booth peserta pameran itu terdiri dari Perwakilan BUMN, Perwakilan BUMD, Asean-India Startup Festival, Perwakilan Negara G20, Perusahaan Swasta Nasional, Perguruan Tinggi, dan Sekolah-sekolah setingkat SMA dan SMP.
Ia mengatakan, gelaran InaRI Expo 2022 akan meriahkan dengan berbagai kegiatan diantaranya, seminar, business gathering, product presentation, workshop, talkshow, business matching, klinik konsultasi, Youth Research and Innovation Fair, science show, Halal Tech Expo 2022, ASEAN India Start up Festival 2022, Start Up Program Pengusaha Pemula Berbasis Riset BRIN, dan Zona G20.
Guna memudahkan sekaligus mengakomodir keinginan calon pengunjung untuk hadir InaRI Expo 2022, pihak penyelenggara InaRI Expo 2022 akan menyediakan moda transportasi berupa bus yang akan mengantar pengunjung menuju ke lokasi expo yang berada di Cibinong, Jawa Barat secara gratis. “Tim kami sudah berkoordinasi dan memastikan sejumlah titik pemberangkatan dan penjemputan bus bagi calon pengunjung untuk menghadiri InaRI Expo,” katanya.
Adapun lokasi atau titik penjemputan bus itu tersebar di lima titik lokasi. Yaitu di Kawasan BRIN (Jalan Gatot Subroto, Jakarta) dengan jadwal pemberangkatan pukul 08.00 WIB dan pukul 11.00 WIB dan jadwal kembali pukul 14.00 WIB dan pukul 17.00 WIB. Jadwal yang sama juga berlaku di titik penjemputan Kawasan Gedung Kusnoto BRIN Bogor, Kawasan Halte Universitas Indonesia, Kawasan Mall Cibinong City. Sementara untuk titik penjemputan dari Kawasan Puspiptek BRIN Serpong dijadwalkan berangkat pukul 08.00 WIB dan pukul 12.00 dengan jadwal kembali pukul 17.00 WIB.
Menurut Irwadhi, fasilitas transportasi menjadi penting disediakan untuk menunjang kesuksesan gelaran InaRI Expo 2022. “Moda transportasi mutlak diperlukan untuk memberikan kemudahan pengunjung menuju lokasi. Ini juga bagian dari upaya kami untuk menyukseskan gelaran InaRI Expo 2022. Semoga semua bisa berjalan sesuai rencana,” pungkasnya.(red/rls)

 

 

Be First to Comment

Tinggalkan Balasan